Hujani Kereta dengan Batu, 36 Pemuda Ditangkap

Katanya menyasar supporter bola

Surabaya, IDN Times - Gerombolan pemuda melakukan aksi pelemparan batu ke dua kereta. Atas kelakuan tersebut, polisi meringkus 36 pemuda dan digelandang ke Mapolrestabes Surabaya.

1. Personel gabungan tangani pelaku pelemparan batu

Hujani Kereta dengan Batu, 36 Pemuda DitangkapPelaku pelemparan batu ke kereta saat digelandang polisi. Dok. Humas DAOP 8 PT KAI

 

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran menjelaskan, pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat atas adanya aksi pelemparan batu di sepanjang jalur lintasan kereta api. Mereka pun melakukan penyisiran dan menangkap pemuda-pemuda yang disinyalir merupakan pelaku pelemparan batu tersebut.

"Kami mendapatkan informasi adanya aksi pelemparan batu. Personel gabungan melakukan patroli dan mengamankan 36 pemuda," ujar Sumadiran saat dihubungi IDN Times, Sabtu (23/11).

Baca Juga: Dalam Momentum Bagus, Persija Jakarta Anggap Lawan Arema FC Sulit 

2. Sebanyak 36 pemuda diangkut

Hujani Kereta dengan Batu, 36 Pemuda DitangkapPelaku pelemparan batu ke kereta saat digelandang polisi. Dok. Humas DAOP 8 PT KAI

 

Setelah melakukan razia, lanjut Sudamiran, 36 pemuda ditangkap dan diangkut ke Mapolrestabes Surabaya. Pemuda yang berusia 13 hingga 31 tahun ini didata dan diinterogasi oleh pihak kepolisian untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"30 orang diamankan di sekitar Stasiun Gubeng. Sementara 6 yang lain dari sekitar Stasiun Pasar Turi," tuturnya.

3. Ingin lempari batu ke supporter bola

Hujani Kereta dengan Batu, 36 Pemuda DitangkapPengamanan personel kepolisian usai kejadian pelemparan batu ke kereta api. Dok. Humas DAOP 8 PT KAI

 

Setelah dilakukan pemeriksaan, mereka mengaku mendapatkan informasi adanya supporter bola yang datang dari Jakarta menuju Malang untuk menonton pertandingan Arema lawan Persija pada Sabtu (23/11) sore. Oleh karena itu mereka melakukan pelemparan ke kereta dengan batu dan kayu.

"Kita lakukan pencegahan, ya. Jadi ini kita data semua lalu kita bina," pungkas Sudamiran.

4. Dua penumpang terluka akibat pelemparan batu

Hujani Kereta dengan Batu, 36 Pemuda DitangkapPengamanan personel kepolisian usai kejadian pelemparan batu ke kereta api. Dok. Humas DAOP 8 PT KAI

 

Sebelumnya, pelemparan batu terjadi di sepanjang jalur lintasan dua KA yaitu KA Jayabaya dan KA Gaya Baru Malam Selatan pada Jumat-Sabtu (22-23/11). Akibat pelemparan tersebut, dua penumpang terluka dan kaca kereta pecah.

"Kami sangat menyesalkan akan aksi anarkis sekelompok orang yang diduga kelompok suporter bola ini. Pihak KAI akan melakukan upaya jalur hukum kepada para terduga pelaku anarkis pelemparan tersebut," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Baca Juga: Diduga Akibat Sepak Bola, Dua Kereta Jurusan Malang Dihujani Batu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya