Hari Pahlawan, 2 Ribu Tiket KA Gratis untuk Guru, Nakes, dan Veteran

Bisa langsung diklaim di loket Stasiun Gubeng

Surabaya, IDN Times - Memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2021, PT KAI membagikan tiket gratis kereta api bagi tenaga kesehatan, guru, dan veteran. Tiket ini bisa digunakan untuk perjalanan jarak jauh pada periode keberangkatan 8 sampai dengan 30 November 2021.

1. Daop 8 Surabaya sediakan 2.206 tiket gratis untuk Hari Pahlawan

Hari Pahlawan, 2 Ribu Tiket KA Gratis untuk Guru, Nakes, dan VeteranSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, sebanyak 2.206 voucher tiket KA Jarak Jauh sudah pihaknya siapkan untuk para nakes, guru, dan veteran. Tiket gratis ini merupakan bentuk penghargaan terhadap para pahlawan baik di masa perjuangan kemerdekaan maupun di masa pandemik COVID-19.

"KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Arif, Jumat (6/11/2021).

2. Tiket gratis untuk guru, nakes, dan veteran

Hari Pahlawan, 2 Ribu Tiket KA Gratis untuk Guru, Nakes, dan VeteranSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Luqman melanjutkan, program ini sudah dijalankan sejak tahun 2020. Di tahun sebelumnya, antusiasme masyarakat terhadap voucher tiket gratis begitu besar. Untuk itu, program ini pun kembali dilakukan.

Di tahun ini, tiga pihak yang berhak mendapatkan voucher tiket gratis adalah :

1. Guru pendidikan formal untuk anak usia dini s.d tingkat menengah atas atau sederajat baik negeri maupun swasta dengan status PNS maupun honorer;

2. Tenaga Kesehatan (bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan driver ambulance) baik dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit kecuali Dokter;

3. Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Baca Juga: Peringati 100 Tahun Bung Tomo, Stadion Gelora 10 November Diuji Coba

3. Bisa langsung datangi loket Stasiun Gubeng

Hari Pahlawan, 2 Ribu Tiket KA Gratis untuk Guru, Nakes, dan VeteranSuasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Untuk bisa mendapatkan voucher tersebut, masyarakat bisa langsung mendatangi Loket atau Customer Service pada Stasiun Surabaya Gubeng sejak tanggal 7 hingga 29 November 2021. Voucher ini hanya berlaku untuk beberapa kereta api dengan keberangkatan dari Stasiun Gubeng.

"Saat mengambil voucher, calon penumpang harus menunjukkan identitas asli dan fotocopy identitas/surat keterangan guru, nakes, atau veteran. Voucher ini hanya berlaku untuk satu identitas," imbuhnya.

4. Tiket untuk perjalanan dengan KA tertentu

Hari Pahlawan, 2 Ribu Tiket KA Gratis untuk Guru, Nakes, dan VeteranIlustrasi suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Voucher tiket gratis ini tidak termasuk biaya swab antigen yang menjadi syarat wajib menumpang KA jarak jauh. Tes swab antigen di stasiun membutuhkan biaya sebesar Rp45 ribu.

"Voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Daop 8 Surabaya. Terdiri dari KA Argo Bromo Anggrek, Argo Wilis, Gajayana, Bima, Sembrani, Turangga, Jayabaya, Ranggajati, Wijaya Kusuma, Malabar, Harina, Dharmawangsa Ekspres, Sancaka, dan Kertajaya," tutup Luqman.

Baca Juga: Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil Dibahas di MPR

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya