Comscore Tracker

ERJI Menang di Survei SMRC, Machfud Arifin: Itu Kan Versi Mereka

Ia masih optimistis bisa memenangkan Pilkada Surabaya

Surabaya, IDN Times - Nama Pasangan Calon Wali-Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 1 Eri Cahyadi dan Armuji (ERJI) lagi-lagi mengungguli lawannya, Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) dalam hasil survei. Menanggapi hal ini, Machfud tetap mempercayai bahwa survei yang memenangkan pasangan ERJI merupakan pengaturan, lantaran surveinya dibiayai oleh pihak ERJI.

1. Memilih tak ambil pusing

ERJI Menang di Survei SMRC, Machfud Arifin: Itu Kan Versi MerekaCalon Wali Kota Surabaya, Machfud Arifin saat menemui warga RW 03 Dukuh Pakis, Senin (19/10/2020) malam. IDN Times/Dok. Istimewa.

Awalnya, Machfud mengatakan bahwa ia tak ambil pusing dari hasil survei yang kali ini dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Ia memilih untuk tidak menyikapi riset yang menyatakan bahwa pasngan MAJU masih berada di bawah ERJI sebanyak 11 persen.

"Gak perlu disikapil ah. Biasa-biasa saja. Yang penting saya pada tahapan sampai menjelang tanggal 9 (Desember) terus bekerja sapa warga sesuai dengan aturannya, ikuti kebijakan penyelenggara baik KPU dan Bawaslu. Ikuti saja," ujar Machfud, Senin (23/11/2020).

2. Tuding survei memang sengaja memenangkan ERJI

ERJI Menang di Survei SMRC, Machfud Arifin: Itu Kan Versi MerekaData elektabilitas Pilkada Surabaya versi SMRC. Dok.SMRC

Namun kemudian, Machfud menuding jika survei yang dilakukan oleh SMRC tersebut didanai atau diselenggarakan pihak ERJI. Sehingga, hasil survei merupakan hasil pengaturan yang memenangkan pihak penyelenggaranya.

"Kami kan pengalaman di Pilpres, mana ada survei lawan itu bilang kalah. Kan gak ada. Semua survei dari mereka itu versi dia mesti menang," tuturnya.

Baca Juga: Survei SMRC: Elektabilitas ERJI Unggul karena Faktor Risma

3. Optimistis akan menang

ERJI Menang di Survei SMRC, Machfud Arifin: Itu Kan Versi MerekaMachfud Arifin saat bertemu dengan DPD PAN Surabaya, Senin (13/1). IDN Times/Fitria Madia

Mantan Kapolda Jatim ini pun tetap optimistis bisa meraih suara terbanyak dari warga Surabaya pada 9 Desember 2020 nanti. Saat ini, ia memilih untuk fokus berkampanye secara langsung kepada warga-warga besama pasangannya, Mujiaman.

"Saya selalu bilang atmosfer yang saya rasakan beda. Kami akan bertahan sampai tanggal 9 Desember saja. Mudah-mudahan terus bergelora di hati masyarakat Surabaya. Bahkan ada pembukaan kaus, tapi ujungnya milih nomor 2. Ngelepasin banner, gambar saya masih di hati masyarakat Surabaya," ungkapnya.

4. ERJI unggul karena sosok Risma

ERJI Menang di Survei SMRC, Machfud Arifin: Itu Kan Versi MerekaDirektur Riset SMRC, Deni Irvani. Screenshoot YouTube/SMRC

Sebelumnya, Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan bahwa keunggulnya popularitas dan elektabilitas paslon nomor urut 1 tak lepas dari kualitas personalnya yang dianggap lebih positif daripada paslon nomor urut 2. Ada juga efek kepemimpinan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1 unggul 11,5 persen atas nomor urut 2. Eri Cahyadi-Armuji (ERJI) mengantongi 48,5 persen. Sedangkan Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) hanya 37,3 persen. Sementara 14,2 persen belum menentukan pilihannya," jelasnya, Minggu (22/11/2020).

Baca Juga: SMRC Beberkan Faktor Unggulnya ERJI di Survei, PDIP: Kami Total!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya