Eri Siap Bantu Sidoarjo dan Gresik Capai Target Vaksinasi

Tentunya setelah Surabaya tuntas

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi memastikan pihaknya segera membantu proses vaksinasi Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Sebab, kedua daerah tersebut termasuk dalam wilayah aglomerasi yang terhubung langsung dengan Kota Surabaya. Sehingga, keberhasilan vaksinasi Kota Surabaya harus diikuti dua daerah tersebut.

1. Keberhasilan Surabaya melawan COVID-19 juga dipengaruhi daerah sekitarnya

Eri Siap Bantu Sidoarjo dan Gresik Capai Target VaksinasiPetugas bersiap menuju mobil vaksinasi keliling. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Eri menyampaikan bahwa pihaknya menyadari keamanan Kota Surabaya dari COVID-19 juga dipengaruhi oleh daerah sekitar. Pencapaian vaksinasi COVID-19 di Surabaya pun akan gagal membentuk kekebalan kelompok jika wilayah aglomerasinya tak memiliki capaian vaksinasi yang tinggi.

"Aglomerasi berpengaruh betul. Kalau (vaksinasi) Surabaya sudah, lainnya belum, ya sama saja. Sehingga dengan kerendahan hati seluruh Kepala Daerah, tidak ada yang lebih hebat, tapi kebersamaan, bahu membahu, tolong menolong dan gotong-royonglah yang bisa menyelesaikan pandemi COVID-19," ujar Eri di Balai Kota Surabaya, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Surabaya Diprediksi Tak Turun hingga 31 Agustus

2. Eri akan membantu Sidoarjo dan Gresik untuk mencapai target vaksinasi

Eri Siap Bantu Sidoarjo dan Gresik Capai Target VaksinasiWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Salah satu langkah yang akan dilakukan Eri adalah meminjamkan mobil vaksin keliling ketika seluruh kebutuhan di Kota Surabaya telah dipenuhi. Saat ini, pihaknya memiliki 22 mobil dari Polrestabes Surabaya dan 1 mobil tambahan dari Keluarga Besar Airlangga. Mobil vaksinasi ini juga akan ditambah sebanyak 10 unit lagi.

"Kami sampaikan kepada Pak Kapolres, kalau vaksin sudah selesai di Surabaya, maka mobil kita siap kirimkan ke sana (aglomerasi). Juga, dengan nakesnya. Misalnya di Sidoarjo ada vaksin, mobil kita bisa terjun ke sana. Kita melakukan vaksinasi di sana," tuturnya.

3. Minta agar tak mengedepankan ego masing-masing

Eri Siap Bantu Sidoarjo dan Gresik Capai Target VaksinasiWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Eri pun meminta agar semua pihak tidak mementingkan egonya dalam penanganan COVID-19 ini. Kerja sama dan gotong royong akan menghasilkan langkah yang lebih baik dan lebih cepat agar COVID-19 dapat segera teratasi.

"Bagian dari Merdeka ya Surabaya Raya. Makanya kami letakkan pakaian kita (ego), untuk kepentingan bersama," ungkapnya.

4. Didukung Ketua DRPD Surabaya

Eri Siap Bantu Sidoarjo dan Gresik Capai Target VaksinasiKetua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Rencana Eri utuk membantu Sidoarjo dan Gresik ini didukung oleh Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono. Ia menyampaikan bahwa 3 daerah ini setidaknya harus sama-sama memiliki capaian vaksinasi yang tinggi agar tidak menjadi kendala bagi daerah lain.

"Sehingga Surabaya tidak bergerak sendiri, tapi didukung daerah lain. Selain itu, kalau Surabaya sudah mencapai herd immunity, kemudian daerah lain belum, maka akan menjadi persoalan tersendiri. Karenanya saya mendukung," pungkasnya.

Baca Juga: Epidemiolog Unair: Kontak Erat di Surabaya Dilacak, Tapi Gak Dites

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya