Dosen Beri A ke Mahasiswa yang Demo, Kampus Ancam Berikan Sanksi

Waduh kok gitu?

Surabaya, IDN Times - Seorang dosen dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKMS) menjanjikan nilai A bagi mahasiswanya yang mengikuti aksi demonstrasi tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020) lalu. Namun sayangnya, dosen ini malah terancam akan mendapatkan sanksi dari pihak kampus lantaran diduga terdapat pelanggaran.

1. Keputusan Umar untuk berikan nilai A kepada mahasiswa yang demo adalah inisiatif pribadi

Dosen Beri A ke Mahasiswa yang Demo, Kampus Ancam Berikan SanksiIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Humas UWKS, Andi Aruji mengatakan bahwa dosen yang menjanjikan hal tersebut yaitu Umar Sholahudin berinisiatif sendiri untuk menjanjikan nilai kepada mahasiswanya. Keputusan tersebut belum melalui pertimbangan kampus sehingga kebijakan tersebut tidak dapat mengatasnamakan institusi.

"Kejadian itu dari dosen kami Bapak Umar Shalahudin itu menyampaikan secara pribadi, bukan secara institusi. Karena kalau secara institusi kami mempunyai peraturan rektor secara akademik yang mengatur pemberian nilai," ujarnya, Sabtu (10/10/2020).

2. Cara Umar memberikan nilai A kepada demonstran dianggap salah

Dosen Beri A ke Mahasiswa yang Demo, Kampus Ancam Berikan SanksiSuasana demo menolak Omnibus Law di Gedung Grahadi, Kamis (8/10/2020). IDN Times/Fitria Madia

Andi melanjutkan, Umar diduga melakukan pelanggaran cara pemberian nilai terhadap mahasiswa. Pasalnya nilai sebuah mata kuliah tidak bisa hanya ditentukan dari satu aspek saja. Terdapat beberapa penilaian yang harus ditempuh mulai keaktifan dan presensi perkuliahan, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester.

"Tidak semudah itu memberikan nilai A dan sebagainya. Ada proses yang harus dilalui," terangnya.

Baca Juga: Massa Ricuh di Grahadi Lempar Molotov, Polisi Balas Gas Air Mata

3. Umar dianggap melakukan pelanggaran

Dosen Beri A ke Mahasiswa yang Demo, Kampus Ancam Berikan SanksiAksi menolak Omnibus Law di depan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis, (8/10/2020). IDN Times/Fitria Madia

Oleh karenanya, sikap Umar yang mengiming-iming nilai A begitu saja kepada mahasiswanya dianggap bisa melanggar peraturan kampus yang ada. Umar juga tidak menjelaskan bagaimana nantinya ia akan memberikan nilai A kepada para mahasiswanya yang mengikuti aksi demonstrasi.

"Kemarin pada waktu Pak Umar memberikan di Facebooknya itu kan langsung memberi A bagi yang demo. Itu tidak benar. Yang benar sesuai dengan peraturan rektor dan peraturan akademik," imbuhnya.

4. Terancam akan dikenakan sanksi

Dosen Beri A ke Mahasiswa yang Demo, Kampus Ancam Berikan SanksiSuasana demo menolak Omnibus Law di Gedung Grahadi, Kamis (8/10/2020). IDN Times/Fitria Madia

Bahkan, lanjut Andi, pihaknya juga akan menggelar Rapat Dewan Pertimbangan Akademik bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Bambang Yunarko dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Soepriyono pada Senin (12/10/2020). Rapat tersebut akan membahas apakah Umar sudah melakukan pelanggaran fatal serta sanksi apa yang akan dikenakan kepadanya.

" Kalau memang nanti ada pelanggaran yang dilakukan dosen maka akan ditindak sesuai dengan Rapat Dewan Pertimbangan Akademik," tutupnya.

Baca Juga: Dosen Ini Janjikan Nilai A untuk Mahasiswa yang Ikut Demo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya