Comscore Tracker

Dalam Dua Hari, KPK "Ubek-ubek" Rumah Pejabat Bapeda Jatim

Wah ada tersangka baru?

Surabaya, IDN Times - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menyambangi Timur dalam dua hari yaitu Rabu (10/7) dan Kamis (11/7). Mereka menggeledah beberapa tempat di Jatim dalam rangka mencari bukti baru pada kasus dugaan korupsi yang dilakukan oleh Ketua DPRD Tulungagung Surpiyono.

1. Ada 5 titik yang didatangi

Dalam Dua Hari, KPK Ubek-ubek Rumah Pejabat Bapeda JatimIDN Times/Santi Dewi

Juru Bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan singkatnya menjelaskan bahwa penggeledahan tersebut dilakukan di 5 titik. Hal ini berkaitan dengan perkara suap Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung dalam pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD dan/atau APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2015-2018.

"Dalam 2 hari kemarin, KPK lakukan Penggeledahan di 5 lokasi di Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari proses penyidikan perkara suap terhadap SPR," ujar Febri.

2. Kantor Bapeda Jatim digeledah sebagai awalan

Dalam Dua Hari, KPK Ubek-ubek Rumah Pejabat Bapeda Jatim(Juru bicara KPK, Febri Diansyah) ANTARA FOTO

 

Febri menjelaskan, pada hari pertama penggeledahan yaitu Rabu (10/7) KPK menyasar satu lokasi saja yaitu Kantor Badan Pembangunan Daerah (Bapeda) Propinsi Jawa Timur. Dari penggeledahan tersebut, KPK mendapatkan hasil sitaan beberapa dokumen penganggaran.

"Kemudian kegiatan penggeledahan dilanjutkan pada hari Kamis (11/7) di empat rumah pribadi sejumlah pejabat," lanjutnya.

3. Geledah 4 rumah pejabat aktif dan pensiunan

Dalam Dua Hari, KPK Ubek-ubek Rumah Pejabat Bapeda JatimIDN Times/Sukma Shakti

Febri melanjutkan bahwa yang digeledah bukan hanya pejabat aktif di Bapeda Jatim. Namun juga pejabat yang sudah pensiun. Dari 4 lokasi tersebut, lembaga antirasuah itu menyita dokumen terkait penganggaran dan barang bukti elektronik berupa telpon genggam milik para pejabat.

"Penggeledahan dilakukan terkait dengan sumber dana APBD Tulungagung dari Bantuan Keuangan APBD Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan tim KPK sejak Pk.10.00 WIB pagi hingga malam," pungkasnya.

4. Komisaris Bank Jatim digeledah di Surabaya

Dalam Dua Hari, KPK Ubek-ubek Rumah Pejabat Bapeda Jatim(Ilustrasi korupsi) IDN Times/Santi Dewi

Sebelumnya, salah satu pejabat pensiunan Bapeda, Budi Setiawan digeledah oleh KPK pada Kamis (11/7) di perumahan Bhakti Husada Surabaya. Budi merupakan mantan pejabat Bapeda yang kini menjabat sebagai Komisaris Bank Jatim. Ia merupakan salah satu dari 4 pejabat yang disasar oleh KPK.

"KPK pergi, beberapa jam bapak keluar, sendirian, habis (salat) Ashar jam 16.00 WIB," ujar Asisten Rumah Tangga Budi, Amindasah.

Baca Juga: KPK Geledah Rumah Komisaris Bank Jatim

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You