Cegah Kebobolan Varian Mu, Penyekatan PMI Juga Dilakukan di Darat

Banyak PMI yang kemungkinan masuk Jatim lewat darat

Surabaya, IDN Times - Masuknya virus corona varian Mu ke Jawa Timur benar-benar perlu dicegah agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus seperti ulah varian Delta pada Juni-Juli lalu. Untuk itu, kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Jatim akan dicegah dari berbagai pintu masuk seperti jalur darat.

1. Penyekatan PMI akan dilakukan di wilayah darat

Cegah Kebobolan Varian Mu, Penyekatan PMI Juga Dilakukan di DaratPekerja Migran Indonesia asal Tulungagung tiba di Kantor Tenaga Kerja dan Transmigrasi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto sebagai Dansatgas PMI Jatim menuturkan bahwa, kedatangan para PMI dari jalur udara memang telah diatur dalam SE No 74 tahun 2021 yang menyatakan bahwa kedatangan penerbangan internasional hanya melalui dua pintu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Sam Ratulangi Manado. Namun, PMI jalur darat tetap harus diperhatikan.

"Misalnya masuk lewat Kalimantan begitu kemudian nyeberang nanti masuk ke Jawa Timur lewat darat. Nah ini kami akan melaksanakan penyekatan-penyekatan terbatas di perbatasan Jatim dengan Jawa Tengah yaitu di Ngawi," ujarnya, Sabtu (18/9/2021).

2. PMI yang ketahuan akan langsung dibawa ke Asrama Haji

Cegah Kebobolan Varian Mu, Penyekatan PMI Juga Dilakukan di DaratSebanyak 131 orang Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) dipulangkan pemerintah dari Malaysia/Dok. Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan

Di penyekatan tersebut, akan ada pengecekan bagi mereka yang hendak masuk ke Jatim. Jika diketahui mereka adalah PMI, maka mereka akan langsung diangkut ke Hotel Asrama Haji Surabaya untuk menjalani karantina. Di sana, para PMI juga akan dites swab PCR  untuk memastikan mereka tak membawa virus corona varian Mu.

"Nanti kami akan laksanakan pengecekan di situ dan apa bila PMI, tetap kami laksanakan diangkut ke asrama haji untuk tetap dilaksanakan pengecekan atau swab PCR. Sehingga mudah-mudahan untuk PMI ini apa lagi sekarang ada varian baru MU ini bisa dicegah tidak masuk atau menyebar di wilayah Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur," ungkap Suharyanto.

Baca Juga: Takut Kecolongan Varian Mu, PMI Tak Lagi Mendarat di Bandara Juanda

3. Berbagai kemungkinan pintu kedatangan para PMI

Cegah Kebobolan Varian Mu, Penyekatan PMI Juga Dilakukan di DaratGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pelaksanaan SKD CPNS di Graha Unesa, Selasa (14/9/2021). Dok. Humas Pemprov Jatim.

Di samping itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menambahkan bahwa PMI yang akan datang ke Jatim sebagian besar berasal dari Malaysia. Para PMI ini juga kemungkinan datang dari Batam, Tanjung Pinang, Nunukan, Siak, dan Medan. Oleh karena itu, berbagai pintu masuknya PMI perlu diwaspadai.

"Jadi ketika perlintasan itu melalui pelabuhan laut pada rakor yang lalu memang dipesan betul kepada para gubernur yang titik-titik perlintasan lautnya itu potensial akan menjadi bagian dari transit para PMI. Ini yang memang harus terus kita koordinasikan, kita komunikasikan seperti yang tadi disampaikan Pak Pangdam, Pak Kapolda bahwa kehati-hatian kita semua kewaspadaan kita semua menjadi bagian yang sangat penting," imbuh Khofifah.

Baca Juga: 18 Ribu Pekerja Migran Jatim Pulang Kampung Selama Juni-Agustus Ini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya