Comscore Tracker

Warga yang Ngungsi Terus Bertambah, Akan Direlokasi ke Sekolah-sekolah

Saat ini tercatat ada lebih dari 4000 pengungsi

Lumajang, IDN Times - Jumlah warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Semeru terus bertambah. Data Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru menyebut, saat ini pengungsi terdata sebanyak 4.250 orang.

1. Pengungsi tersebar di Lumajang, Malang hingga Blitar

Warga yang Ngungsi Terus Bertambah, Akan Direlokasi ke Sekolah-sekolahWarga mengungsi di Kantor Desa Sumberwuluh. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran Gunung Semeru, Irwan Subekti mengatakan, pengungsi tersebar di beberapa titik di  Lumajang dan hanya ada satu titik, masing-masing di Kabupaten Malang dan Blitar.

"Jumlah warga mengungsi di Kecamatan Candipuro 1.733 jiwa, Pasirian 974, Tempeh 400, Pronojiwo 295, Lumajang 199, Pasrujambe 197, Sukodono 191, Sumbersuko 67, Jatiroto 56, Yosowilangun 28, Ranuyoso 26, Rowokangkung 16 dan Gucialit 8," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (8/12/2021).

2. Tempat pengungsian di Lumajang segera dipindahkan ke sekolah-sekolah

Warga yang Ngungsi Terus Bertambah, Akan Direlokasi ke Sekolah-sekolahWarga masih tetap tenang di kantor desa. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sementara itu, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berupaya untuk memberikan pelayanan kepada para penyintas secara optimal. Pemkab Lumajang, lanjut dia, akan memindahkan warga yang mengungsi ke fasilitas-fasilitas pendidikan, seperti SD, SMP dan SMA di Lumajang.

“Tempat pengungsian sekarang berada di beberapa fasiltias umum balai desa dan kecamatan, selanjutnya akan direlokasi ke sekolah. Saat ini kami sedang menginvetaris sekolah SD, SMP dan SMA yang bisa digunakan sebagai tempat penampungan,” kata Thoriq.

Baca Juga: Bupati Lumajang Siapkan Gedung Sekolah untuk Tampung Pengungsi Semeru

3. Pemukiman warga juga rencananya direlokasi

Warga yang Ngungsi Terus Bertambah, Akan Direlokasi ke Sekolah-sekolahPelayanan kesehatan yang diberikan relawan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru. IDN Times/Ulil Albab

Proses relokasi pemukiman warga terdampak saat ini dalam proses identifikasi lokasi, yang diutamakan pada lahan-lahan milik pemerintah dan pemerintah daerah. Thoriq berharap dukungan media untuk ikut mendorong semangat positif.

"Agar tercipta suasana kondusif untuk percepatan penanganan paska bencana," pungkasnya. 

Baca Juga: Hari Keempat Pasca Erupsi Gunung Semeru, Warga Mulai Sesak Napas

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya