Tabungan Wartawan Antara Jatim Diduga Dibobol, Terancam Gagal Nikah

Tabungan rencananya akan digunakan untuk menikah tahun ini

Surabaya, IDN Times - Kasus dugaan pembobolan rekening tabungan menimpa wartawan Antara Jatim, Willy Irawan (29). Uang sebesar Rp19,6 juta yang disimpannya di Bank Negara Indonesia (BNI) raib. Tabungan yang sedianya digunakan untuk menikah itu pun hanya tersisa Rp400 ribu. 

1. Bermula akan transfer uang ke kerabatnya Rp1 juta

Tabungan Wartawan Antara Jatim Diduga Dibobol, Terancam Gagal NikahWartawan Antara Jatim, Willy Irawan saat melaporkan kasus dugaan pembobolan rekening tabungan BNI di Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (10/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pembobolan ini diketahui oleh Willy saat dia akan mentransfer salah seorang kerabatnya sebesar Rp1 juta. Namun, ketika dia mencoba mengirimkan uang tersebut melalui mobile banking (m-banking), transaksinya gagal.

"Saldo saya tidak mencukupi, saya cek kok saldo tinggal Rp400 ribu. Saya kaget," ujarnya kepada IDN Times, Selasa (10/3).

Mengetahui hal tersebut, Willy segera mengecek mutasi rekening di m-banking miliknya. Di sana tertera ada transaksi penarikan uang sebesar Rp9 juta pada tanggal 6-7 Maret 2020. Transaksi itu tidak hanya satu kali tapi berkali-kali.

"Ada transaksi penarikan di ATM BNI di Malang, tanggal 6-7 (Maret)," kata Willy.

2. Sudah lapor ke Kantor BNI, diminta menunggu 14 hari

Tabungan Wartawan Antara Jatim Diduga Dibobol, Terancam Gagal NikahWartawan Antara Jatim, Willy Irawan saat laporan kasus dugaan pembobolan rekening tabungan BNI di Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (10/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Dia pun segera ke Kantor Cabang BNI Gateway Waru, Sidoarjo. Di sana dia dimintai keterangan sekaligus mengisi surat pernyataan bahwa telah tejadi pembobolan pada tabungannya. "Saya juga sudah ke BNI, diminta isi surat pernyataan, dicetakkan rekening koran. Katanya masih diproses, menunggu 14 hari," ucap Willy.

3. Membuat surat pengaduan ke Siber Ditreskrimsus Polda Jatim

Tabungan Wartawan Antara Jatim Diduga Dibobol, Terancam Gagal NikahSurat pengaduan kasus dugaan pembobolan rekening tabungan BNI di Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, Selasa (10/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Usai ke kantor BNI, Willy mengadukan kasusnya ini ke Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim. Pengaduannya pun telah diterima oleh penyidik. Dia berharap pengaduan tersebut diungkap polisi dan tersangka segera ditangkap.

Dia juga ingin uang yang telah ditabungnya selama satu tahun ini bisa kembali lagi ke dirinya. "Masih menunggu proses dari polisi, semoga cepat ditangani. Semoga uang saya kembali secepatnya," katanya.

Baca Juga: Kasus Pembobolan Rekening Ilham Bintang Sudah Naik Tahap Penyidikan

4. Polisi tunggu berita acara BNI

Tabungan Wartawan Antara Jatim Diduga Dibobol, Terancam Gagal NikahKabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat menunjukkan peluru milik tersangka di Mapolda Jatim, Rabu (15/1)

Sementara Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, pengaduan Willy telah diterima penyidik. Tapi polisi masih menunggu berita acara dari BNI. Apabila benar ada pembobolan, polisi segera menindak.

"Kami tunggu pihak BNI 14 hari itu, kalau benar tidak ada kesalahan sistem bank, dan indikasi pembobolan, kami selidiki dan ungkap," tegas Trunoyudo.

Baca Juga: Kasus Carding, Gisel dan Tyas Mirasih Selesai Diperiksa 6 Jam

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya