Comscore Tracker

Saksi Kedua Kuatkan Dakwaan, Bechi Bungkam

Sidang besok akan hadirkan 3 saksi korban lainnya

Surabaya, IDN Times - Seorang saksi korban kembali dihadirkan dalam sidang lanjutan perkara pencabulan dan pemerkosaan santriwati salah satu Pondok Pesantren Ploso, Jombang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (18/8/2022). Kesaksiannya bikin terdakwa Moch Subchi Azal Tsani alias Bechi bungkam. Usai sidang dia enggan memberikan komentar.

"Jangan saya nggeh," ucapnya singkat saat ditanya usai sidang.

1. Jaksa sebut saksi kedua lebih menguatkan dakwaan

Saksi Kedua Kuatkan Dakwaan, Bechi BungkamTerdakwa pencabulan dan pemerkosaan, Moch Subchi Azal Tsani usai sidang, Kamis (18/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim), Sofyan mengatakan, saksi bernisial H yang dihadirkan hanya satu orang. Saksi kali ini lebih menguatkan kesaksian saksi sebelumnya yang juga korban sekaligus pelapor.

"Satu saksi, menguatkan," kata dia.

2. Akan ada 3 saksi korban lain besok

Saksi Kedua Kuatkan Dakwaan, Bechi BungkamTerdakwa pencabulan dan pemerkosaan, Moch Subchi Azal Tsani usai sidang, Kamis (18/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Terpisah, JPU Tengku Firdaus mengatakan dalam persidangan ini tim JPU membawa satu boks barang bukti. Barang bukti ini disebut menguatkan dakwaan yang berisi perkara pencabulan dan pemerkosaan. "Tim JPU bawa BB satu boks, ada beberapa macam item diperlihatkan ke terdakwa dan saksi. Baju, celana (contohnya)," katanya.

Rencananya, sambung Firdaus, tiga saksi tersebut akan diperiksa secara marathon pada Jumat (18/8/2022). "Tiga sisanya besok mulai jam 1 siang (13.00 WIB) sampai selesai," dia menambahkan.

Baca Juga: Bechi Ajak Sumpah Mubahalah, Korban: Sudah Sumpah Alquran

3. Kuasa hukum Bechi nilai dua saksi yang dihadirkan bak novel fiksi

Saksi Kedua Kuatkan Dakwaan, Bechi BungkamAksi mendukung korban Bechi di depan PN Surabaya, Kamis, (18/8/2022). IDN Times/ Ardiansyah Fajar

Kuasa hukum Bechi, I Gede Pasek menilai dua saksi yang dihadirkan dalam dua kali sidang seperti novel fiksi. Dia menyebut kalau kesaksian dua saksi yang merupakan korban Bechi itu ceritanya tidak masuk akal. "Banyaknya cerita secara akal sehat dijalani, misalnya bangun subuh tanggal 7 berjalan sampai tanggal 8 jam 10 malam tidak tidur dengan berbagi aktivitas," kata dia.

"Saya kira orang biasa sulit melakukan itu. Yang kedua peristiwa yang konon katanya adanya dugaan persetubuhan di waktu hari yang sama di tempat yang sama orang yang berbeda," pungkasnya.

Baca Juga: Sidang Bechi Diwarnai Aksi, Hampir Dibubarkan Polisi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya