Risma Siapkan Website Lawan Covid-19, Ini Bocoran Isinya

Besok, Risma kumpulkan seluruh elemen bahas corona

Surabaya, IDN Times - Pemkot Surabaya terus berupaya melakukan proteksi virus corona atau Covid-19 bagi para warganya. Mereka menyiapkan website pencegahan virus corona. Website itu rencananya diberi nama "Lawan Covid-19".

1. Website masih dirancang tim IT berisi panduan lawan corona

Risma Siapkan Website Lawan Covid-19, Ini Bocoran Isinya(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Saat ini website tersebut masih dirancang oleh tim IT dari Pemkot Surabaya. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membeberkan, isi situs itu berisi panduan bagi para warga terkait identifikasi gejala virus corona dan cara penanganan serta pencegahannya.

"Software ini berisi petunjuk bagaimana lawan Covid-19. Di situ kita semua tahu apa-apa yang harus kita lakukan, saya berharap seluruh warga Surabaya mengikuti ini," ujar Risma di kediamannya, Minggu (15/3).

2. Berisi pemetaan apabila ada warga terjangkit virus corona

Risma Siapkan Website Lawan Covid-19, Ini Bocoran IsinyaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini. IDN Times/Abraham Herdyanto

Selain panduan, website ini juga akan berisi pemetaan kondisi kesehatan warga Surabaya. Apabila diketahui ada satu warga yang terjangkit virus corona, maka akan ada pemberitahuan khusus bagi warga sekitar kelurahan tersebut.

"Kemudian, naudzubillah mudah-mudahan tak ada terjadi, kami akan menyiapkan software yang isinya akan memberitahukan. Misalnya korban di sini, kita tak memberitahukan alamatnya, tapi lokalisir keluarga. Kita sampaikan," kata Risma.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

3. Akan dikembangkan dalam model aplikasi

Risma Siapkan Website Lawan Covid-19, Ini Bocoran IsinyaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menghadiri peringatan International Women Day 2020 di kantor IDN Times Surabaya (7/3). IDN Times/Reza Iqbal

Nantinya, website ini dikembangkan dalam model aplikasi. Sehingga, warga Surabaya dan masyarakat umum dapat mengunduhnya di smartphone masing-masing. "Kami usahakan bisa diakses melalui mobile apps," ucap perempuan asal Kediri tersebut.

4. Risma akan bahas panduan protokol bersama berbagai elemen di Surabaya

Risma Siapkan Website Lawan Covid-19, Ini Bocoran IsinyaIDN Times/Arief Rahmat

Selain itu, Risma akan mengumpulkan seluruh elemen di Surabaya besok Senin (16/3). Forum tersebut akan membahas bagaimana cara untuk menghentikan penyebaran virus Corona.

"Besok Senin saya mengumpulkan seluruh elemen, agama, kelompok usaha, perbankan, angkutan," kata Risma.

"Saya usahakan kelompok itu kita undang untuk bersama-sama menyelesaikan masalah ini. Ini masalah kita bersama, bukan orang per orang, karena siapapun, kapanpun bisa kena. Makanya tidak perlu ada tersinggung," Risma melanjutkan.

Dalam rapat tersebut juga akan dibahas protokol atau ketentuan yang efektif mencegah penularan virus corona di beberapa tempat.

Baca Juga: Ada 11 Pasien dalam Pengawasan di Jatim, Semuanya Negatif Corona

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya