Comscore Tracker

Pendaftaran CASN Diperpanjang, Ini Posisi-posisi yang Masih Lowong

Yuk, siapkan berkas-berkasnya

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang semula berakhir 21 Juli kini diperpanjang hingga 26 Juli 2021. Keputusan ini tertuang dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor: 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 yang terbit 19 Juli 2021 lalu.

1. Perpanjangan beri peluang besar calon pelamar

Pendaftaran CASN Diperpanjang, Ini Posisi-posisi yang Masih LowongGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat membatik. Dok Humas Pemprov Jatim

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menilai bahwa adanya perpanjangan ini akan memberi peluang lebih besar bagi calon pelamar. Baik yang akan mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Hari ini kami menerima surat dari BKN terkait perubahan jadwal seleksi CASN," ujarnya, Rabu (21/7/2021).

2. Formasi nakes masih longgar di Jatim

Pendaftaran CASN Diperpanjang, Ini Posisi-posisi yang Masih LowongIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Mantan Menteri Sosial itu pun mendorong agar calon pelamar segera memanfaatkan kesempatan ini. Khususnya bagi tenaga kesehatan yang saat ini sangat dibutuhkan untuk menjadi bagian dari setiap penguatan dalam menghadapi pandemik COVID-19.

Seperti diketahui, terdapat sejumlah formasi di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim yang masih longgar persaingannya. Bahkan untuk sejumlah formasi tenaga kesehatan seperti dokter spesialis, beberapa diketahui masih nihil pendaftar.

"Perpanjangan jadwal ini tentu akan memberi kesempatan lebih bagi masyarakat Jawa Timur untuk mengikuti pendaftaran” kata Khofifah.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS Resmi Diumumkan, Ini Dokumen dan Syaratnya!

3. Berikut formasi yang belum terisi

Pendaftaran CASN Diperpanjang, Ini Posisi-posisi yang Masih LowongIlustrasi peserta CPNS menunggu giliran waktu tes SKD CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, sejumlah jabatan yang masih longgar pelamarnya antara lain, PPPK Nonguru sebanyak 37 formasi dari total lowongan yang dibuka sebanyak 868 formasi. Sementara lowongan CPNS yang masih kosong pendaftarnya sebanyak 42 formasi dari total 1.408 formasi.

Sementara berdasarkan data yang dirilis BKN sampai Minggu (18/7/2021), jumlah pelamar Pemprov Jatim mencapai 36.465 orang, disusul Pemprov Jawa Barat 31.248 pelamar dan Pemprov DKI sejumlah 29.725 pelamar. Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menjadi instansi dengan jumlah pelamar terbanyak ke-6 nasional jika disejajarkan dengan kementerian/Lembaga.

Baca Juga: Dear Cah Madiun, Ada 934 Lowongan CPNS di Pemkab

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya