Mudik Gratis ke 15 Daerah Jatim Dibuka Besok, Syaratnya Vaksin Booster

Siap mudik gak rek?

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) kembali mengadakan program Mudik Bareng Gratis pada lebaran Idul Fitri tahun ini. Program tersebut akan dilaksanakan mulai 28 April 2022 mendatang. Untuk pendaftarannya, sudah dibuka pada Kamis (21/4/2022).

1. Rute mudik disediakan ke 15 kabupaten/ kota

Mudik Gratis ke 15 Daerah Jatim Dibuka Besok, Syaratnya Vaksin BoosterIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Program ini memfasilitasi mudik ke 15 kabupaten/ kota tujuan se-Jawa Timur. Yakni Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Magetan, Surabaya-Madiun, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Ponorogo, Surabaya Pacitan dan Surabaya-Jember.

Kemudian juga Surabaya-Jember-Banyuwangi, Surabaya-Situbondo-Banyuwangi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Malang-Blitar, dan terakhir Surabaya-Nganjuk. Keberangkatan akan dilakukan dari depan kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.

“Bagi warga masyarakat yang mengikuti program Mudik Bareng ini dipastikan gratis alias bebas biaya. Syarat utamanya adalah sudah disuntik vaksin booster,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (20/4/2022).

2. Pendaftaran dibuka besok selama 4 hari

Mudik Gratis ke 15 Daerah Jatim Dibuka Besok, Syaratnya Vaksin BoosterIlustrasi Roadtrip (Mudik) (IDN Times/Mardya Shakti)

Proses pendaftaran program Mudik Bareng Gratis ini dibuka selama empat hari saja. Yaitu mulai Kamis (21/4/2022) sampai Minggu (24/4/2022). Pendaftaran bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama secara online di mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id. Dengan berkas yang diperlukan untuk mendaftar yaitu fotokopi KTP dan KK.

Kemudian juga bisa mendaftar melalui operator di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Jalan Ahmad Yani No 268 Surabaya mulai tanggal 22-27 April 2022 mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB. Setelah proses pendaftaran selesai, dilakukan verifikasi berkas pada 22-27 April 2022.

Baca Juga: Tips Mudik Selamat dari Pak Polisi Lalu Lintas

3. Vaksin booster jadi syarat utamanya

Mudik Gratis ke 15 Daerah Jatim Dibuka Besok, Syaratnya Vaksin Boosterilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Lantaran vaksin booster dijadikan syarat utama untuk memanfaatkan program ini, Khofifah mengimbau warga segera melengkapi dosis vaksinasi booster COVID-19. Pemprov pun menyediakan fasilitas vaksinasi booster di kantor Pemprov Jatim dan Masjid Al Akbar. Masyarakat juga bisa segera mendatangi fasyankes terdekat.

“Monggo masyarakat Jatim yang ingin memanfaatkan program ini bisa mendaftar mulai besok. Besar harapan dari kami program ini dapat membantu dan mengawal proses mudik yang terkendali, aman nyaman dan sehat,” pungkas dia.

Baca Juga: 16 Juta Orang Jatim Diprediksi Mudik, Didominasi Mobil

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya