Kepala BNPB Turun Langsung Pantau Kondisi COVID-19 Bangkalan

Kasus di Bangkalan disebut terkendali

Surabaya, IDN Times - Lonjakan kasus COVID-19 usai libur lebaran Idul Fitri menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu daerah di Jawa Timur (Jatim) yang mulai naik kasusnya ialah Kabupaten Bangkalan.

Mengetahui kondisi tersebut, Gubernur Jawa Timur (Jatim) mengajak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Jatim dan 38 Kabupaten/Kota untuk rapat koordinasi dihadiri Kepala BNPB sekaligus Satgas Penanganan COVID-19, Ganip Warsito.

1. Kasus COVID-19 di Jatim naik tapi diklaim bisa dikendalikan

Kepala BNPB Turun Langsung Pantau Kondisi COVID-19 Bangkalan

Usai rapat, Ganip membeberkan kalau ada sejumlah lonjakan kasus COVID-19 di Jatim. Artinya tidak hanya di Bangkalan saja. Namun, menurutnya kasus saat ini masih dapat dikendalikan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Jatim.

"Jatim secara konteks nasional untuk perkembangan COVID-19 tidak pada posisi teratas. Tapi terkendali. Ada peningkatan tapi semua masih dapat ditangani dengan baik," ujarnya di Mapolda Jatim, Senin (7/6/2021) malam.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, total terkonfirmasi positif di Jatim sebanyak 156.627 kasus. Dari data itu, 143.142 sembuh, 11.583 meninggal dunia dan 1.902 dirawat. Khusus Bangkalan, sekarang ini ada 115 kasus aktif.

Baca Juga: Empat Kecamatan di Bangkalan Bakal Lockdown Mikro 

2. Kasus di Bangkalan disebut mulai tertangani

Kepala BNPB Turun Langsung Pantau Kondisi COVID-19 Bangkalan

Terkait Bangkalan, sambung Ganip, berdasarkan informasi yang dari bupati dan gubernur kalau sudah ditangani dengan baik. Seperti disediakannya rumah sakit darurat lapangan untuk menekan tingginya okupansi tempat tidur pasien di RSUD Bangkalan.

"Operasional rumah sakit sudah mulai baik, kalau diukur dari persentase BOR (Bed Occupancy Rate) cukup, langkah-langkah dari pemprov untuk menyalurkan keterbatasan di sana," ungkapnya.

Baca Juga: Seharian Meredam Amukan COVID-19 di Bangkalan

3. Instruksikan 3T hingga disipin prokes

Kepala BNPB Turun Langsung Pantau Kondisi COVID-19 Bangkalan

Lebih lanjut, Ganip terus memonitor perkembangan COVID-19 di daerah-daerah seluruh Indonesia termasuk Jatim. Dia menginstruksikan, 3T (Testing, Tracing dan Treatment) harus terus ditingkatkan. Tak kalah pentingnya, mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan.

"Prokes memakai masker ini kuncinya, laly menjaga jarak, hidup segat mencuci tangan dan menghindari kerumunan ini perlu ditegakan," katanya.

"(Salah satu yang dilakukan) penyekatan di perbatasan Surabaya untuk mengontrol, menegakan prokes. Karena yang bawa virus ini manusia, mobilitas manusia dikontrol," pungkasnya.

Baca Juga: Tahu Hasil Swab Positif COVID-19 di Suramadu, Satu Pengendara Kabur   

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya