Comscore Tracker

Kapolri dan Panglima Pastikan Gereja Bekas Bom Bunuh Diri Aman

Gereja ini selalu penuh saat peribadatan Natal

Surabaya, IDN Times - Jelang peringatan Natal dan tahun Baru (Nataru), Kapolri Jenderal Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Gereja Santa Maria Tak Bercela (SMTB), Surabaya, Rabu (18/12). Gereja ini pernah menjadi aksi bom bunuh diri pada Mei 2018 lalu.

Baca Juga: Panglima dan Kapolri Akan Kunjungi Gereja Bekas Bom Bunuh Diri

1. Kunjungi beberapa bagian gereja

Kapolri dan Panglima Pastikan Gereja Bekas Bom Bunuh Diri AmanDari kiri-kanan: Panglima TNI Marsekal Hadi, Kapolri Jenderal Idham Aziz, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat mengunjungi Gereja SMTB Surabaya, Rabu (18/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Ketika berkunjung di Gereja SMTB, Kapolri dan Panglima didampingi Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. Mereka menyempatkan diri melihat beberapa bagian gereja. Mulai dari halaman depan, ruang ibadah hingga ruang transit.

Sesekali Panglima Hadi melontarkan pertanyaan kepada pengurus gereja. Ia ingin mengetahui kondisi gereja pascaledakan tahun lalu. Para pengurus pun memastikan kalau sinergitas dijaga oleh jemaah, pengurus dan masyarakat sekitar.

"Kita baik dengan masyarakat sini, tukang becak juga ikut menjaga (gereja)," ujar salah seorang pengurus disela kunjungan.

3. Saat ibadah Natal, gereja selalu penuh

Kapolri dan Panglima Pastikan Gereja Bekas Bom Bunuh Diri AmanDari kiri-kanan: Panglima TNI Marsekal Hadi, Kapolri Jenderal Idham Aziz, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat mengunjungi Gereja SMTB Surabaya, Rabu (18/12). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak hanya itu, pihak gereja juga mengutarakan kalau pelaksanaan ibadah di SMTB selalu penuh. Kapasitas gereja ini mencapai 1.400 jemaah.

"Natal biasanya (jalan) di depan kami tutup. Ini ada lantai dua juga penuh, gedung sebelah juga penuh, tiga lantai," terang pengurus gereja.

3. Kapolri minta sinergi antar aparat dan lakukan pengamanan dengan ikhlas

Kapolri dan Panglima Pastikan Gereja Bekas Bom Bunuh Diri AmanGereja Santa Maria Tak Bercela, Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sebelum kunjungan ke Gereja SMTB, Kapolri dan Panglima memberi pengarahan keamanan Nataru di Makodam V/Brawijaya. Idham berpesan, agar TNI dan Polri sinergi memberikan rasa aman dan nyaman ke masyarakat.

"Di dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan libur panjang ini TNI dan Polri terus memberikan pengertian yang terbaik, laksanakanlah tugas dengan penuh keikhlasan karena itu bagian dari ibadah. Insya Allah semua pelaksanaan ini bisa kita kerjakan dengan baik," jelas Idham.

Baca Juga: Pagi Mencekam di Ngagel Jaya Utara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya