Jelang Pilkada 2020, PKB Jatim Optimis Menang di 11 Daerah

 Mereka sedang menyiapkan kader terbaik

Surabaya, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim) tampaknya optimis menatap Pilkada serentak 2020. Partai besutan Presiden ketiga Gus Dur ini memasang target tinggi pada pesta demokrasi tahun depan.

1. Target menang di 11 daerah

Jelang Pilkada 2020, PKB Jatim Optimis Menang di 11 DaerahKotak suara. IDN Times/Maulana

Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Hikmah Bafaqih mengatakan, PKB menarget 11 kemenangan dari 19 kabupaten/kota yang menggelar pilkada. Sejumlah daerah itu ialah Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Tuban, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan hingga Banyuwangi.

"11 dari 19 karena 11 itu pun ada yang kita di posisi orang pertama, ada yang mungkin di posisi orang kedua, kita sangat realistis tergantung proses di bawah," ujarnya kepada IDN Times, Senin (18/11).

2. Lakukan koalisi strategis

Jelang Pilkada 2020, PKB Jatim Optimis Menang di 11 DaerahHikmah Bafaqih. Instagram.com/hikmah_bafaqih

Terkait komunikasi politik yang telah dijalin PKB Jatim, Hikmah membuka peluang kepada partai politik (parpol) manapun. Ia melihat komunikasi yang terjadi di pusat dengan daerah berbeda.

"Tentu membuka diri koalisi dengan siapapun. Koalisinya koalisi strategis untuk kemenangan Pilkada 2020," katanya.

3. Usulkan cakada dan cawakada dari kader terbaik

Jelang Pilkada 2020, PKB Jatim Optimis Menang di 11 DaerahWakil Ketua DPW PKB Jatim, Hikmah Bafaqih. Instagram.com/hikmah_bafaqih

 

Sementara untuk sosok yang akan diusung menjadi calon kepala daerah (cakada) atau calon wakil kepala daerah (cawakada), PKB masih menggodoknya. Yang jelas, partai yang satu ini mengutamakan kader terbaiknya.

"Tentu ketika di daerah itu ada kader PKB yang memiliki peluang elektoral bagus. Tentu kader yang diutamakan," ungkapnya.

Baca Juga: PKB Jatim Sebut Halim Layak Jadi Mendes hingga Menaker

4. Keputusan dipegang DPP PKB

Jelang Pilkada 2020, PKB Jatim Optimis Menang di 11 DaerahKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. IDN Times/Irfan fathurohman

Lebih lanjut, saat ini PKB Jatim masih melakukan tahapan assesment. Prosesnya melibatkan kader PKB, kiai hingga ormas NU. Nantinya hasil yang digodok DPW akan diteruskan kepada DPP.

"Dari semua proses assesment itu kita murni melaporkan kepada DPP, dan DPP yang akan memutuskan tindak lanjutnya," pungkas Hikmah.

Baca Juga: PKB Jatim Akui Siapkan Hanif Dzakiri untuk Pilwali Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya