Hore! Arek Jatim Banyak yang Lolos SBMPTN 2021

Semangat berprestasi guys!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyebut kalau arek-arek Jatim banyak yang diterima kuliah melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pun angkat bicara perihal kabar baik ini.

1. SBMPTN jalur KIP dan reguler menjadi yang terbanyak di Indonesia

Hore! Arek Jatim Banyak yang Lolos SBMPTN 2021

Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 31.568 arek Jatim diterima SBMPTN jalur beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah (dulu bernama Bidikmisi). Jumlah ini menjadi terbanyak di Indonesia. Disusul siswa Jawa Tengah sebanyak 28.186, Jawa Barat 22.258 siswa, Sumatera Barat 16.606 siswa dan Sumatera Utara 16.483 siswa.

Demikian pula dengan SBMPTN jalur reguler, siswa asal Jatim menduduki posisi pertama di antara provinsi lainnya, dengan jumlah  sebanyak 25.232 siswa yang diterima, disusul Jawa Barat 18.899, Jawa Tengah 16.104, Sumatera Utara 14.321 dan DKI Jakarta 9.526 siswa.

"Alhamdulillah, kabar ini tentu saja sangat menggembirakan sekaligus membanggakan karena Jawa Timur mampu menempati peringkat pertama di semua jalur SNMPTN dan SBMPTN, baik reguler maupun KIP Kuliah," ujarnya, Senin (21/6/2021).

2. Yang diterima jalur KIP Kuliah diminta terus berprestasi

Hore! Arek Jatim Banyak yang Lolos SBMPTN 2021Ilustrasi Kegiatan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebelum pandemik COVID-19. Dok. IDN Times/bt

Terkait KIP Kuliah, kata Khofifah, menjadi semacam oase bagi siswa kurang mampu tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan program tersebut, calon mahasiswa dapat kuliah di kampus favorit yang diinginkan dengan biaya pemerintah.

Untuk diketahui, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Adapun KIP Kuliah dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya. 

Mantan Menteri Sosial ini berharap, siswa yang diterima jalur KIP dapat terus berprestasi sehingga mampu membanggakan keluarga sekaligus mengangkat derajat keluarga. Dengan begitu, setelah lulus nanti dan bekerja, mereka bisa keluar dari status  keluarga kurang mampu menjadi sejahtera.

“Saya ucapkan selamat kepada semua calon mahasiswa baru asal Jatim yang diterima. Kepada semua guru, kepala sekolah, orang tua murid serta para siswa secara khusus saya menyampaikan terimakasih,” kata dia.

3. SNMPTN juga terbanyak

Hore! Arek Jatim Banyak yang Lolos SBMPTN 2021

Sebelumnya pada jalur SNMPTN, jumlah siswa Jawa Timur yang diterima jalur KIP Kuliah ini sebanyak 3.394 peserta, disusul Aceh sebanyak 2.221 peserta, Jawa Barat sebanyak 2.157 peserta, Sumatera Utara sebanyak 2.006 peserta dan Jawa Tengah sebanyak 1.847 peserta.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya