Comscore Tracker

Hari Ini Musda, Demokrat Jatim Minta Kader Tetap Jaga Kekeluargaan 

Boleh usul Emil atau Bayu jadi ketua

Surabaya, IDN Times - DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI di Hotel Shangri-La, Surabaya, Kamis (20/1/2022). Ketua Dewan Pertimbangan DPD Demokrat Jatim, Priyo Effendi mengajak gelaran musda ini tidak mengabaikan soliditas di internal partai.

"Musda tidak boleh hilangkan solidaritas. Beda pilihan itu wajar, asal jangan menyimpang dari AD/ART," ujarnya tertulis.

Diketahui dalam Musda DPD Demokrat Jatim ke-VI ini ada dua nama yang mencuat sebagai calon ketua. Yakni Plt Ketua yang juga Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak dan Plt Sekretaris, Bayu Airlangga yang merupakan menantu mantan Gubernur dan Ketua Demokrat Jatim, Soekarwo.

1. Ajak kader taat AD/ ART partai

Hari Ini Musda, Demokrat Jatim Minta Kader Tetap Jaga Kekeluargaan Website Partai Demokrat

Priyo mengingatkan bahwa Ketua Badan Pemenangan Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (BPOKK) DPP Demokrat, Herman Khaeron sudah tegas mengenai adanya tahapan fit and proper test. Artinya, seluruh kader harus menghargai hak DPP sesuai AD/ART.

"Dan PO (Peraturan Organisasi) Musda untuk menentukan ketua terpilih berdasarkan fit and proper test," katanya.

2. Kader harus jaga kekompakkan

Hari Ini Musda, Demokrat Jatim Minta Kader Tetap Jaga Kekeluargaan Emil Elestianto Dardak saat Rakorda di DPD Demokrat Jatim. Instagram.com/pddemokrat

Tak kalah pentingnya, sambung Priyo, dalam musda ini para kader harus tetap kompak. Hal ini sebagai wujud optimistis Demokrat meraih hasil yang semakin baik dalam Pemilu 2024. Kekompakkan ini ditaksir akan terus terawat dalam musda. Pasalnya, sudah terbukti ketika ada percobaan kudeta.

"Kekompakan segenap kader partai dalam menghadapi gerakan yang ingin mengambil alih kepemimpinan dari AHY selaku Ketum hasil Kongres 2020 yang sah dan telah disahkan Kemenkumham," tegas dia.

Priyo mengingatkan segenap kader partai untuk senantiasa menjaga ketertiban dan memelihara semangat kekeluargaan di saat musda nanti.  "Jatim basis yang sangat penting bagi Demokrat, apalagi pak SBY bisa dikatakan berasal dari Pacitan, maka kita harus menjadikan proses musda ini tertib dan taat aturan," harap Priyo.

Baca Juga: Jelang Musda Demokrat Jatim, Bayu Airlangga Serahkan Berkas Dukungan

3. Ada dua calon yang mengemuka jelang Musda

Hari Ini Musda, Demokrat Jatim Minta Kader Tetap Jaga Kekeluargaan 10 Ketua DPC Demokrat di Jatim saat konsolidasi menetapkan dukungan kepada Emil Elestianto Dardak pada Musda ke-VI Demokrat Jatim. Dok. Istimewa.

Hingga sehari sebelum Musda digelar, setidaknya ada dua calon yang diusung oleh Dewan Pimpinan Cabang seluruh Jawa Timur. Calon pertama merupakan menantu dari mantan Ketua DPD Demokrat Jatim sekaligus mantan Gubernur Jatim, Soekarwo bernama Bayu Airlangga. Ia mengklaim didikung oleh 32 DPC se-Jawa Timur. Sementara calon kedua adalah Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak yang sudah mengantongi 10 rekomendasi DPC.

Baca Juga: Jelang Musda, 10 DPC Dukung Emil Jadi Ketua Demokrat Jatim

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya