Comscore Tracker

Gerhana Bulan Sebagian di Jatim, Bisa Dinikmati Warga Malang Raya

Gerhana akan terjadi pada Jumat jam 5 sore

Surabaya, IDN Times - Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan bahwa akan terjadi gerhana bulan pada November ini. Namun, gerhana yang terjadi hanya sebagian.

1. Gerhana bulan sebagian diprediksi terjadi pada Jumat

Gerhana Bulan Sebagian di Jatim, Bisa Dinikmati Warga Malang RayaANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Gerhana bulan sebagian itu, kata Teguh, diprediksi pada Jumat (19/11/2021) mendatang. Fenomena ini hanya dapat dilihat di beberapa titik wilayah di Indonesia. Nah, masyarakat bisa menyaksikan ketika mulai bulan terbit (menjelang akhir fase gerhana bulan sebagian) sampai gerhana berakhir.

"(Diperkirakan berakhir) pukul 19.05 WIB," ujarnya tertulis, Rabu (17/11/2021).

2. Dapat dinikmati warga Malang Raya

Gerhana Bulan Sebagian di Jatim, Bisa Dinikmati Warga Malang RayaIlustrasi penampakan gerhana Bulan di Indonesia. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Untuk wilayah Jatim, sambung Teguh, masyarakat yang bisa menikmati gerhana bulan yakni yang berada di kawasan Malang dan sekitarnya saja. "Warga Malang dan sekitarnya bisa mengamati GBS (Gerhana Bulan Sebagian) saat mulai bulan terbit pukul 17.30 WIB hingga gerhana berakhir pukul 19.05 WIB," kata dia.

Baca Juga: BMKG: Gerhana Bulan Total Tak Memicu Terjadinya Gempa

3. Sebelumnya juga terjadi gerhana bulan total tahun ini

Gerhana Bulan Sebagian di Jatim, Bisa Dinikmati Warga Malang Rayaunsplash.com/@lollo2020

Lebih lanjut, sebelum fenomena gerhana bulan sebagian rupanya Jatim mengalami  fenomena gerhana bulan total. Tepatnya pada 26 Mei 2021. Namun, kala itu, tak hanya warga Jatim, tapi juga sejumlah daerah di Indonesia bisa melihatnya dengan tingkat kejelasan dan durasi yang berbeda.

Baca Juga: 14 Fenomena Langit November 2021, Ada Gerhana Bulan Parsial

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya