[CEK FAKTA] Tes Gratis Hanya Ada di Surabaya?Kasus Aktif 79 Pasien?  

Debat Pilkada Surabaya akan berlangsung tiga kali

Surabaya, IDN Times - Debat perdana Pilkada Surabaya 2020 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya berlangsung seru, Rabu (4/11/2020). Kedua pasangan calon (paslon), Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman saling beradu argumen dalam enam segmen. Namun, ada beberapa pernyataan dari para calon yang mengundang perdebatan di media sosial. Berikut beberapa di antaranya.

1. Armuji sebut Surabaya satu-satunya kabupaten/kota sediakan swab gratis di Indonesia

[CEK FAKTA] Tes Gratis Hanya Ada di Surabaya?Kasus Aktif 79 Pasien?  Peresmian Labkesda Surabaya yang dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (15/9/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya.

Pada segmen kedua, calon wakil wali kota Surabaya, nomor urut 1, Armuji menyebut bahwa Surabaya adalah satu-satunya kota/kabupaten di Indonesia yang mempunyai laboratorium swab PCR gratis. Laboratorium yang dimaksud ialah Labkesda di Kecamatan gayungan yang diresmikan Wali Kota Tri Rismaharini pada 16 September lalu. 

"Oleh karena itulah satu-satunya kota/kabupaten yang ada di Indonesia yang mempunyai laboratorium swab gratis ini di Indonesia satu-satunya Surabaya," tambah Armuji.

Faktanya:

Diberitakan Antara penyediaan swab gratis sebelumnya telah ada di Sumatera Barat (Sumbar). Ini termasuk dalam kebijakan pemerintah provinsi (pemprov) yang juga menyediakan swab gratis bagi wisatawan.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Padang, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap menjalankan kebijakan tersebut dengan kapasitas laboratorium penunjang pemeriksaan COVID-19 yang tersedia. Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Laboratorium Balai Veteriner Bukittinggi bisa menguji 1.500-2.000 sampel spesimen setiap hari.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga berupaya memenuhi kebutuhan biaya penyediaan reagen pemeriksaan COVID-19 dalam penyelenggaraan layanan pemeriksaan gratis bagi wisatawan yang masuk ke wilayahnya.

Layanan pemeriksaan COVID-19 gratis bagi wisatawan merupakan bagian dari upaya pemerintah provinsi untuk melindungi warga dari risiko penularan COVID-19 dari luar daerah.

"Jika nantinya (menurut) hasil tes wisatawan dinyatakan positif COVID-19, maka akan langsung diisolasi. Fasilitasnya bisa masuk dalam paket wisata yang disediakan biro perjalanan," katanya, Rabu (11/6/2020) lalu.

Sementara Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK Universitas Andalas, Sumatera Barat, dr. Andani Eka Putra, membangun laboratorium layanan tes swab virus corona dengan dana pribadi demi tes gratis kepada masyarakat. Dia merogoh kocek sebesar Rp850 juta dari dana pribadinya untuk membangun laboratorium uji spesimen COVID-19. 

"Jadi saya selalu bercita-cita bahwa bangsa ini, umat ini akan maju, akan berhasil kalau berdiri di atas kakinya sendiri," ucapnya kepada Antara (15/9/2020).

2. Surabaya disebut mendekati zona kuning

[CEK FAKTA] Tes Gratis Hanya Ada di Surabaya?Kasus Aktif 79 Pasien?  Debat publik pertama Pilkada Surabaya, Rabu (4/11/2020). YouTube/KPU Surabaya

Selain itu, Armuji juga menyebut bahwa Kota Pahlawan sudah mendekati zona kuning atau berisiko rendah. Zonasi yang dimaksud ialah peta risiko tingkat penularan COVID-19. 

"COVID-19 adalah pandemik dunia bukan cuma Surabaya. Surabaya sudah beruntung sekarang ini sudah mendekati kuning," ujarnya.

Sementara itu, Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1, Eri Cahyadi menegaskan pemerintah kota sudah berusaha keras melawan pandemik. Sampai-sampai ada penyediaan tes swab PCR gratis di Labkesda. Hasilnya menurut Eri sangat bagus dalam menekan kasus aktif.

"Terbukti saat ini terkonfirmasi sakit hanya 79 (pasien)," kata dia.

Faktanya:

Berdasarkan penelusuran IDN Times yang merujuk pada data Satgas Penanganan COVID-19 Jawa Timur (Jatim), Kota Surabaya masih berstatus zona oranye atau tingkat risiko sedang bersama 24 kabupaten/kota di Jatim, Rabu (4/11/2020). Sejauh ini baru ada13 daerah di Jatim yang berstatus zona kuning. 

Apabila melihat data terbaru, Rabu (5/11/2020) ada 41 kasus positif baru di Surabaya. Jumlah itu membuat pasien positif corona di Surabaya mencapai 16.108 kasus. Dengan rincian, 14.854 dinyatakan sembuh, 1.175 kasus dilaporkan meninggal dunia. Sementara kasus aktif tersisa 79 pasien.

Baca Juga: Bahas COVID-19, Besok Debat Perdana Pilkada Surabaya Tanpa Penonton

3. Debat Pilkada Surabaya akan berlangsung dalam 3 putaran

[CEK FAKTA] Tes Gratis Hanya Ada di Surabaya?Kasus Aktif 79 Pasien?  Eri-Armuji saat debat perdana Pilkada Surabaya, Rabu (4/11/2020). YouTube/KPU Surabaya

Debat Pilkada Surabaya sendiri akan berlangsung dalam 3 putaran. Setelah debat perdana pada Rabu, (5/11/2020). KPU Surabaya akan kembali menggelar debat kedua akan berlangsung Rabu (18/11/2020) sebelum ditutup dengan debat pamungkas pada Sabtu (5/12/2020).

Baca Juga: Debat Perdana Pilkada Surabaya, Eri dan Machfud Adu Visi Misi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya