Comscore Tracker

Bayar Pajak Kendaraan di Jatim Gratis, Catat Tanggalnya

Hadiah ulang tahun Jatim ke 74

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menggratiskan biaya pemutihan pajak dan balik nama kendaraan bermotor (ranmor). Program ini berlaku mulai 23 September - 14 Desember 2019. Penggratisan ini merupakan kado dari Pemprov untuk warga Jatim yang akan merayakan hari jadi ke-74.

"Saya bilang tidak (hoaks). Yang ditanya ini pemutihan dan pembebasan bea balik nama bagi pemilik kedua. Saya sampaikan ini kado bersama dari pemprov," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat di Kantor Gubernur, Rabu (18/9).

 

 

1. Ada 1,9 juta ranmor belum bayar pajak

Bayar Pajak Kendaraan di Jatim Gratis, Catat TanggalnyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Adanya penggratisan ini tentunya menjadi kesempatan bagi warga Jatim yang ingin mengurus pajak kendaraannya. Pasalnya dari data yang diperoleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Jatim, ada 1,9 juta ranmor yang belum bayar pajak. Terdiri dari roda dua maupun empat.

Dari jumlah tersebut, diperoleh sekitar Rp374 miliar pajak yang belum dibayar.

"Ini adalah target Bapenda (Dispenda) ada sekitar hampir dua juta kendaraan yang belum daftar ulang, kita support," kata Kepala Dispenda Jatim, Budi Priyo.

2. Tingkat kepatuhan bayar pajak ramor di Jatim tembus 97 persen

Bayar Pajak Kendaraan di Jatim Gratis, Catat Tanggalnyapixabay.com/geralt

 

Meski masih banyak yang menunggak, Budi mengungkapkan, tingkat kepatuhan bayar pajak warga Jatim tinggi. Ia memastikan angka 1,9 juta ranmor itu hanya tiga persen dari keseluruhan di Jatim. Artinya, kesadaran bayar pajak ranmor di Jatim tembus sekitar 97 persen.

"Sangat luar biasa bagus. Artinya tingkat kepatuhan sampai 97 persen," kata Budi.

Baca Juga: Telat Bayar Pajak Kendaraan Bisa Ditilang, Lho! 

3. Yang belum bayar pajak bisa langsung ke Indomaret atau samsat ya...!

Bayar Pajak Kendaraan di Jatim Gratis, Catat TanggalnyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Nah, bagi masyarakat yang masih belum bayar pajak ranmornya, Budi menyebut ada ratusan titik yang melayani. Termasuk gerai mini market hingga samsat keliling di seluruh Jatim

"Pertama di 187 titik, termasuk indomaret sebanyak 16.900 gerai se-Indonesia. Ada layanan mobile didukung 88 samsat keliling," kata Budi.

4. Bisa juga bayar via online lho...!

Bayar Pajak Kendaraan di Jatim Gratis, Catat TanggalnyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Dirlantas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan mengatakan pembayaran pajak ranmor ini juga bisa dilakukan secara online. Ia mengimbau masyarakat memanfaatkan hal ini dengan baik.

"Kita lakukan layanan di jam yang ditentukan. Saya harap masyarakat datang di waktu yang ditentukan. Bisa secara online karena sudah terintgrasi. Semoga langkah ini bisa menimbulkan kesadaran pajak masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Pemalsuan STNK dan Plat Dinas Palsu

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You