1.000 Umat Buddha Rayakan Waisak di Vihara Surabaya

Selamat Hari Waisak

Surabaya, IDN Times - Pujian dan doa diiringi dentuman gong menggema dari Vihara Dhamma Jaya pada Minggu (4/6/2023). Vihara yang terletak di kawasan Bulu Jaya, Lontar, Sambikerep, Surabaya ini sedang melaksanakan perayaan Hari Waisak dengan 1.000 umat.

"Sekitar 1.000 umat yang rata-rata dari Surabaya barat," ujar relawan vihara, Passadhi Agung Nugroho saat ditemui IDN Times di halaman vihara.

Banyaknya umat yang datang langsung ke vihara tahun ini, kata Agung, tak lepas dari dicabutnya status pandemik COVID-19. Baik itu oleh pemerintah maupun badan kesehatan dunia WHO. "Lebih banyak karena tidak ada pandemik COVID-19," katanya.

Pada perayaan Waisak tahun ini, Agung bilang, ada tema khusus. Yakni 'Memperkokoh Moral, Membangun Kedamaian Bangsa'. "Kami memperteguh keyakinan sebagai umat Buddha dengan pikiran yang positif sehingga bermanfaat untuk bangsa," kata dia.

"Kami tidak ingin ada pertentangan antarsesama, ingin tetap berkesinambungan, saling mengisi untuk mengkondisikan Indonesia dan dunia supaya aman, damai dan tentram tanpa perselisihan," dia menambahkan.

Agung melanjutkan, umat Buddha juga menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. Karena toleransi yang dapat membawa pada perdamaian di sekitar dan dunia. Toleransi itu diwujudkan dengan saling bergandengan semua warga bangsa.

Lebih lanjut, toleransi juga terwujud dengan pihak relawan vihara yang menggandeng banser saat Waisak. Banser merupakan unsur keamanan dari organisasi Islam, Nahdlatul Ulama (NU). Di lokasi vihara tampak ada sejumlah banser.

"Kalau Waisak sudah menjadi rutinan tiap tahun. Ini bagian toleransi Banser Sambikerep menjaga keamanan," kata Abd. Rohman

Sementara untuk proses ibadah Waisak, tampak seluruh umat yang datang sangat khusyuk. Mereka mengikuti seluruh rangkaian yang dituntun langsung oleh bhikkhu.

Baca Juga: Potret Perayaan Waisak di Vihara Terbesar Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya