TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Emil Pastikan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Aman dari PMK

19 ekor sapi dipotong hari ini

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat meninjau pemotongan hewn kurban di RPH Surabaya, Sabtu (9/7/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Surabaya, IDN Times - Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meninjau langsung proses penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya, Sabtu (9/7/2022). Emil datang untuk memastikan pemotongan hewan kurban di RPH aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Baca Juga: Warga Muhammadiyah Jatim Salat Id dan Sembelih Hewan Kurban Hari Ini

1. RPH Potong 19 ekor sapi

Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat meninjau pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya, Sabtu (9/7/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Mantan Bupati Trenggalek itu mengatakan, setidaknya ada 19 ekor sapi yang dipotong oleh RPH di Lebaran hari ini. Mengingat, di hari ini sebagian umat Islam memperingati Idul Adha.

"Alhamdulillah ini tertib sekali, 12 jam sebelum penyembelin dilakukan pemeriksaan antemortem (sebelum disembelih) dan postmortrem (sesudah disembelih)," ujar Emil.

2. Semua sapi dinyatakan bebas dari PMK

Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat meninjau pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya, Sabtu (9/7/2022). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Dari 19 ekor sapi yang dipotong di RPH tersebut, tidak ada sapi yang menunjukkan gejala terinfeksi PMK. Semua sapi di RPH sehat.

"Tidak ada dari 19 itu yang menunjukkan PMK, saat dipotong dilakukan pemeriksaan postmortem, karena baru disembelih biasanya diketahui juga dan Alhamdulillah hari ini baik," ungkapnya.

Baca Juga: Pria Misterius Bakar Diri di SPBU Surabaya

Berita Terkini Lainnya