Pria Misterius Bakar Diri di SPBU Surabaya

Petugas SPBU dengan sigap padamkan api

Surabaya, IDN Times - Seorang pria, membakar dirinya sendiri di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Tambakrejo Surabaya, Jumat (8/7/2022) malam. Sekitar 25 persen badan pria yang belum diketahui identitasnya itu pun terluka bakar.

1. Pria tersebut menyiramkan BBM ke sekejur tubuhnya

Pria Misterius Bakar Diri di SPBU SurabayaIlustrasi pengisian BBM. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan, dari keterangan saksi, awalnya pria tersebut hanya duduk di sekitar mesin pengisian BBM dengan membawa botol kosong dan korek api. Ia juga sempat telepon dengan seseorang selama 5 sampai 10 menit.

"Dia mondar-mandir di sekitar SPBU dan tiba-tiba berlari ke pengisian BBM dan mengambil nozzle lalu menyiram pertamax ke badannya sendiri," ujarnya.

Baca Juga: Pemuda Akhiri Hidup di Wiyung, Diduga Terlilit Utang

2. Petugas SPBU padamkan api dengan APAR

Pria Misterius Bakar Diri di SPBU SurabayaIlustrasi Alat Pemadam Api Ringan (Apar). (dok. ANTARA News)

Usia menyiram bensin pertamax ke bandannya sendiri, pria itu kemudian berlari dan memantikkan korek api ke badannya sendiri. Lalu, badannya pun terbakar.

"Petugas menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ke tubuh korban untuk memadamkan apinya," ungkap Dedik.

3. Korban dilarikan ke RS Soewandhie

Pria Misterius Bakar Diri di SPBU Surabayailustrasi pasien dirawat di rumah sakit (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat api berhasil dipadamkan, pria tersebut langsung dilarikan ke RS Soewandhie menggunakan ambulan. Ia ditangani di Ruang Resusitasi IGD RS Dr Soewandhie.

"Barang pribadi korban hanya tas selempang, berisi uang, rokok dan HP kondisi mati dan sudah kami serahkan ke jajaran kepolisian, namun tidak ditemukan identitas korban," katanya.

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: MSAT Dititipkan di Rutan Medaeng Surabaya 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya