Hasil Autopsi Kabiro Media Jombang: Luka Tembak Menembus Paru-paru

Ya ampun sedih banget

Jombang, IDN Times - Kepala biro (Kabiro) media online di Jombang, M Sapto Sugiyono (46) tewas mengenaskan ditembak tetangganya Moch Hasan Syafi'i alias Daim (54) di Dusun Sambongduran, Desa Jombang, Kabupaten Jombang. Hasil autopsi menunjukkan peluru yang menewaskan korban menembus hingga paru-paru dan bersarang di tulang belakang.

Dokpol Forensik RUSD Bhayangkara Kediri di RSUD Jombang pada Jumat (15/9/2023). Autopsi menghabiskan waktu tiga hingga empat jam. 

Dokter Ahli Forensik RS Bhayangkara Kediri, Titik Purwanti mengatakan terdapat satu luka tembakan pada bagian dada. Selain itu juga ada luka memar di bagian kepala korban. 

"Lukanya di bagian dada, lubang aja. Nanti tanya ke polisi aja ya, yang di kepala luka memar, memar bekas benda tumpul, kalau penyebab kematian yang fatal belum keluar," ujarnya. 

Sementara itu, Kasaterskrim Polsek Jombang, AKP Aldo Febrianto mengatakan hasil autopsi menunjukkan peluru tembakan mengenai kaos bagian depan kemudian menembus kulit dada hingga paru-paru sampai pada tulang belakang. Peluru pun bersarang di tulang belakang. 

"Hal tersebut yang menyebabkan terjadinya darah yang keluar," ujar Aldo, Sabtu (16/9/2023). 

Peluru yang ditembakkan Daim pada Hasan itu berkaliber 4,5 milimeter. Pelaku meluncurkan timah panasnya sangat dengan jarak lima sampai 10 meter. 

"Deket sekali (menembakkan senapan) 5-10 meter. Satu kali tembakan, kemudian dipulul kepalanya berkali-kali," jelas Aldo. 

Aldo menambahkan, setelah pelaku menembak dan memukul korban, pelaku kemudian pulang ke rumah. Lalu, pelaku kembali lagi ke TKP untuk memastikan korban benar-benar tewas. 

 "Tersangka balik lagi membawa palu dan memukul kepala korban sampai mati," jelas Aldo.

Saat ini, polisi masih mendalami peristiwa tersebut. Pihaknya juga bakal memeriksa kondisi kejiwaan pelaku. 

"Untuk kebenarannya kita dalami lagi, posisi ketika diamankan masih goncang jiwanya. (Pelaku) Masih kita amankan di sel Polres Jombang, dokter psikolog kita ajukan jadwal ke RSUD," pungkas dia. 

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang Kepala Biro media online di Jombang, M Sapto Sugiyono (46) tewas mengenaskan, Kamis (14/9/2023). Sapto tewas ditembak oleh tetangganya Moch Hasan Syafi'i alias Daim (54) di Dusun Sambongduran, Desa Jombang, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Dari informasi yang dihimpun IDN Times, Sapto ditembak oleh Daim menggunakan senapan pada Kamis (14/9/2023) malam. Korban juga dipukul menggunakan palu oleh pelaku.

Wakapolres Jombang, Kompol Hari Kurniawan mengatakan, berdasarkan keterangan dari pelaku, penembakan itu dilakukan karena motif dendam. Namun, motif tersebut masih dugaan sementara karena saat ini masih dalam proses penyidikan secara intensif oleh petugas dan masih sebatas keterangan sepihak dari pelaku.

"Berdasarkan keterangan pelaku, pelaku demdam kepada korban karena setiap usaha yang dilakukan oleh pelaku selalu diganggu oleh korban mulai dari usaha odong-odong hingga jualan tas plastik," ujar Hari, Jumat (15/9/2023).  

Baca Juga: Kabiro Media Online Jombang Tewas Ditembak Tetangganya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya