TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

549 Kebakaran Terjadi di Surabaya, Didominasi Area Terbuka

Ojo obong-obong sampah ambek alang-alang rek !

Pemadaman kebakaran lahan terbuka di Surabaya. (Dok. Diskominfo Surabaya)

Surabaya, IDN Times - Sepanjang tahun 2022, sebanyak 549 peristiwa kebakaran terjadi di Kota Surabaya. Kebakaran terjadi didominasi di area terbuka.

"Pada dua bulan terakhir, menempatkan kebakaran alang-alang pada posisi kejadian kebakaran lahan terbuka tertinggi pada tahun ini. Kebakaran alang-alang itu satu hari bisa sampai 7 kejadian," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya, Dedik Irianto.

Baca Juga: Tinggal 1.103 Dosis, Surabaya Minta Vaksin Meningitis ke Kemenkes

1. Kebakaran lahan terbuka karena musim kemarau

Pemadaman kebakaran lahan terbuka di Surabaya. (Dok. Diskominfo Surabaya)

Dedik mengatakan, dari 549 peristiwa tersebut, 388 di antaranya merupakan kejadian kebakaran non bangunan atau di lahan terbuka. Hal itu disebabkan karena adanya musim kemarau.

"Kejadian kebakaran di musim kemarau ini peningkatannya cukup signifikan, terutama yang non-bangunan. Jadi memang kebakaran di lahan terbuka ini ada kenaikan yang signifikan," kata Dedik.

2. Kebakaran di Surabaya diklaim menurun

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya, Dedik Irianto. (dok. Diskominfo Surabaya)

Dedik juga menyampaikan data kebakaran di Kota Surabaya dari tahun 2019 hingga sekarang. Pada tahun 2019, terjadi 944 peristiwa kebakaran. Tren kebakaran ini kemudian turun menjadi 684 pada tahun 2020. Kemudian di tahun 2021, kejadian kebakaran kembali turun menjadi 644 peristiwa.

"Jadi tren dari tahun 2019 ke 2021, total setahunnya ini menurun. Sementara tahun 2022 sampai bulan September, sudah ada 549 kejadian kebakaran. Tinggal sisa tiga bulan ini yang harus kita jaga," papar dia.

Baca Juga: 7 Corndog Terenak di Surabaya, Mozarelanya Panjang Banget!

Berita Terkini Lainnya