TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sempat Ada yang Menolak, Vaksinasi Booster Sasar Kader Surabaya

Para kader berhadapan langsung dengan masyarakat

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Surabaya, IDN Times - Vaksinasi dosis ketiga (booster) menjadi salah satu senjata untuk menghadapi COVID-19 varian omicron yang tengah meningkat. Saat ini, vaksin booster juga dikerahkan untuk menjadi tameng para kader kesehatan Kota Surabaya.

Baca Juga: Dinkes Laporkan Dugaan Jual Beli Vaksin Booster di Surabaya ke Polisi

1. Kader Surabaya diwajibkan vaksinasi booster

Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Nanik Sukristina menjelaskan, vaksinasi booster yang sebelumnya difokuskan untuk lansia dan pelayan publik kini akan diberikan kepada tenaga lapangan atau kader kesehatan Kota Surabaya. Vaksinasi booster bagi para kader ini akan dilakukan di Puskesmas.

“Kemarin, tanggal 25 -26 Januari 2022, kami mewajibkan para kader untuk vaksinasi booster. Salah satunya digelar di Puskesmas Pegirian. Mengingat para Kader Surabaya ini tugasnya sebagai tenaga lapangan yang tugasnya juga langsung bersentuhan dengan warga,” ujar Nanik, Selasa (1/2/2022).

2. Sempat ada yang menolak vaksinasi booster

Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Nanik menerangkan, di Puskesmas Pegirian saja terdapat 277 orang kader kesehatan. Ketika diminta untuk mengikuti vaksinasi dosis ketiga, beberapa orang menolak. Kepala Puskesmas pun turun tangna dan meminta perwakilan tiga orang kader untuk melakukan sosialisasi di setiap RW di Kecamatan Semampir.

“Menurut data perhitungan indikator PPKM darurat berbasis wilayah berdasarkan kondisi, kasus aktif kumulatif sampai dengan tanggal 30 Januari 2022, Kecamatan Semampir berada pada status Level 1. Untuk mempertahankan Level 1, perlu melibatkan seluruh pihak, baik pemerintah maupun masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Vaksin Booster di Surabaya Ada di 12 Puskesmas

Berita Terkini Lainnya