TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demo Tolak Kenaikan BBM Sebabkan Penutupan Jalan

Aksi berakhir sebelum malam

Penutupan Jalan Menuju Grahadi. (IDN Times/Egydia Artamevia)

Surabaya, IDN Times - Ratusan mahasiswa dan masyarakat sipil menggelar aksi pada Rabu, (14/9/2022) di depan gedung Grahadi Surabaya. Massa membawa dua tuntutan, yakni penolakan harga BBM dan penolakan RKUHP.

Aksi yang digelar tepat di depan Gedung Grahadi ini, berakibat penutupan jalan. Penutupan jalan dimulai pukul 14.00 WIB ketika massa mulai datang. Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengatakan bahwa kendaraan yang hendak melintasi Grahadi, dialihkan untuk berbelok ke Taman Apsari.

"Benar jalan Grahadi ditutup, jadi lewatnya bisa belok ke Taman Apsari, keluarnya di Embong Ungu. Nyambungnya di Panglima Sudirman nanti." ujarnya.

1. Aksi berlangsung aman tanpa kericuhan

Aksi mahasiswa menolak kenaikan harga BBM, di gedung Grahadi, Rabu, (14/9/2022). IDN Times/Egydia Artamevia

Menurut Arif Budiman (25), Korlap dari Aliansi Pemuda Progresif Surabaya, aksi hari ini dilaksanakan untuk menarik simpati seluruh elemen masyarakat yang ada.
"Harapannya, kami bisa menggalang seluruh elemen masyarakat yang ada ya. Mulai dari guru, dan profesi-profesi lainnya."

Berdasarkan pemantauan IDN Times, massa mulai berkumpul di depan gedung Grahadi sekitar pukul 13.45 WIB. Dengan membawa poster bertuliskan berbagai kalimat orasi, para mahasiswa hadir dengan menyuarakan orasi dan sumpah mahasiswa.

Aksi berlangsung aman, dan tidak terjadi kericuhan. Mahasiswa dari universitas yang berbeda, juga beberapa aliansi masyarakat sipil yang terlibat aksi bergerak secara bergantian. Dimulai dengan Universitas Negeri Surabaya, dan aliansi Pemuda Progresif, dilanjutkan dengan Universitas Dr. Soetomo dan UIN Surabaya. Kemudian dilanjutkan Institut Negeri 10 Nopember Surabaya dan ditutup dengan aksi dari Universitas Airlangga.

2. Aksi berakhir sebelum matahari terbenam

Situasi selama aksi. IDN Times/Egydia Artamevia

Berdasarkan pantauan IDN Times, mahasiswa dan aliansi masyarakat sipil, mengakhiri aksinya sebelum matahari terbenam. Terlihat para demonstran mulai meninggalkan lokasi Grahadi sekitar pukul 17.10 WIB. Menurut Arif, setelah aksi hari ini, akan dilaksanakan evaluasi.

"Ada atau tidaknya aksi selanjutnya, nanti akan kami tentukan setelah adanya evaluasi dari aksi hari ini." ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Surabaya Kembali Demo Tolak BBM Naik dan RKUHP

Verified Writer

EGYDIA ARTAMEVIA

Check @egydiard on instagram

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya