TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejumlah Pejabat Pemkot Surabaya Dimutasi, Kadinkes Kosong 

Wah ada apa ini?

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Dok. Pemkot Surabaya)

Surabaya, IDN Times - Sejumlah pejabat pratama di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dimutasi oleh Wali Kota, Eri Cahyadi. Proses mutasi ini melibatkan tim independen. Adanya mutasi ini juga membuat beberapa jabatan lowong, pejabat lamanya telah mempunyai jabatan baru.

Baca Juga: DPRD Sarankan Pejabat Lama di Pemkot Surabaya Diganti

1. Mutasi dilakukan siang ini

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara membenarkan ada mutasi jabatan tersebut. Namun ia enggan membeberkan formasi jabatan yang telah ditetapkan. "Mutasinya memang ada mutasi," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon, Senin (20/12/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya, M. Fikser mengatakan, proses penetapan gerbong mutasi itu telah dilakukan Wali Kota, Eri Cahyadi pukul 11.00 WIB tadi. Dia memastikan, pejabat yang mendapatkan mandat baru merupakan kewenangan dari Eri.

"Iya benar, hari ini dilaksanakan Jam 11 di Balai Kota (Surabaya)," katanya via telepon.

2. Mutasi untuk kebutuhan organisasi, libatkan tim independen

Kadiskominfo Kota Surabaya M. Fikser. IDN Times/Fitria Madia

Terkait alasan mutasi, sambung Fikser, memang untuk kebutuhan organisasi dan proses mutasi ini kan untuk menyesuaikan dengan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru. "Lalu proses itu juga sudah memenuhi tahapan sebagaimana undang-undang yang mengatur. Seleksi, asesmen, semua sudah dilakukan," katanya.

Dalam prosesnya, Wali Kota Eri melibatkan tim independen. Seperti dari akademisi Universitas Airlangga (Unair), maupun pakar atau guru besar. "Terus ada tim panel yang terdiri dari sejumlah pakar, guru besar. Independen itu. Untuk semua tahapan itu," ucap Fikser.

Baca Juga: Sutiaji Mutasi Kepala UPT Pemakaman, Ada Apa?

Berita Terkini Lainnya