TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Real Count TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Hanya "Kehilangan" Empat Kabupaten

Tiga daerah di antaranya berada di madura

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Surabaya, IDN Times - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur (Jatim), mengklaim bahwa Jokowi-Ma'ruf Amin sudah merebut keunggulan 34 kabupaten/kota di Jatim. Hal itu diketahui setelah mendapat laporan real count versi internal TKD yang dilakukan oleh beberapa saksi di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS).

1. Suara masuk 85 persen dan unggul 68 persen

IDN Times/Ardiansyah Fajar

Ketua TKD Jatim ,Machfud Arifin mengatakan, paslon nomor urut 01 saat ini sudah mengantongi 68 persen suara. Sementara Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh 42 persen.

“Saat ini penghitungan masih jalan. Data masuk sudah hampir 85 persen. Pak Jokowi dapat 68 persen. Kita masih terus hitung, melihat trennya semoga bisa tembus 70 persen,” ujarnya di Posko TKD Jatim, Surabaya, Kamis (18/4).

Baca Juga: Hitung Cepat TKD Jatim, Jokowi-Ma'ruf Unggul 71,2 persen

2. Sampang, Sumenep, Pamekasan dan Pacitan masih menjadi lumbung Prabowo

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

 

Berdasarkan persantase tersebut, Machfud menyebut ada empat daerah yang belum bisa direbut oleh Jokowi-Ma'ruf Amin. Keempatnya ialah Sampang, Pamekasan, Sumenep, dan Pacitan.

Khusus untuk Sampang, dari real count internal, Rabu (17/4) malam Jokowi sempat unggul. Namun kini berbalik. Begitu juga dua daerah, suara Jokowi yang sempat tertinggal di Bojonegoro dan Probolinggo kini sudah melejit.

“Alhamdulillah, beberapa daerah yang sampai kemarin malam masih tertinggal dalam penghitungan, siang ini suara untuk 01 sudah unggul. Misalnya di Bojonegoro, Probolinggo,” kata Machfud.

3. Madura diakui masih basis Prabowo

IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Mantan Kapolda Jatim ini menilai, empat daerah itu memang basis kuat Prabowo, terlebih di Madura. Di Pulau Garam ini, hanya Bangkalan yang bisa diungguli oleh Jokowi-Ma'ruf Amin.

“Tapi secara umum marjin di Madura tidak lagi setebal pada 2014 lalu, Prabowo menang rata-rata 70 persen. Tahun ini marjinnya lebih tipis, masih penghitungan,” ungkap Machfud.

Baca Juga: TKD Jatim Klaim Unggul di 31 Kabupaten/Kota

Berita Terkini Lainnya