RS Apung Laksamana Malahayati Singgah di Lamongan

Rumah sakit apung dilengkapi dengan ambulan

Lamongan, IDN Times - Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati singgah di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Rumah sakit apung yang diluncurkan Presiden RI yang ke-5 Megawati Soekarnoputri pada 10 Juni 2023 ini akan melaksanakan beberapa kegiatan di Lamongan.

1. Rumah sakit apung juga dilengkapi dengan ambulans

RS Apung Laksamana Malahayati Singgah di LamonganRumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati bersandar di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Ketua Tim Medis Rumah Sakit Terapung Laksamana Malahayati, dr. Januar Sahat mengatakan, kapal ini membawa satu tim yang terdiri dari delapan orang. Mereka terdiri dari dokter, perawat, bidan dan dokumentasi. Kapal ini juga berbeda dengan kapal pada umumnya karena dilengkapi dengan ambulans dan peralatan medis.

Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati ini juga telah berlayar di beberapa wilayah di Indonesia. "Rumah sakit apung ini memiliki fasilitas ruang masak, perawatan dan pengobatan," kata Januar saat berada di ASDP, Kecamatan Paciran, Lamongan Sabtu (16/9/2023).

2. Pertama kali di Jatim dan singgah di Lamongan

RS Apung Laksamana Malahayati Singgah di LamonganKetua Tim Medis Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati, Januar Sahat. IDN Times/Imron

Sejak diluncurkan, kapal ini baru pertama kali berlayar di Jatim dan berlabuh di Lamongan. Setelah dari Lamongan, kapal ini akan berlayar ke Gresik, Surabaya dan Madura. Kapal ini sendiri dirancang untuk melakukan pelayanan medis kepada masyarakat luas termasuk warga yang tinggal di pulau-pulau kecil.

"Kapal ini memang sengaja didesain untuk bisa membantu masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan dan tidak ada maksud apa-apa murni ingin membantu masyarakat," terangnya.

3. Melakukan pengobatan gratis bagi masyarakat Lamongan

RS Apung Laksamana Malahayati Singgah di LamonganRumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati bersandar di Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. IDN Times/Imron

Selama di Lamongan, Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati akan melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat baik dewasa, anak-anak maupun perempuan. Selain itu, di hari kedua pihaknya akan menerima warga sekitar untuk melakukan tour wisata kapal. "Kita akan melaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan maupun pengobatan gratis kepada warga Kecamatan Paciran dan sekitarnya," pungkas Januar.

Baca Juga: Ketua RS Apung Laksamana Malahayati Minta Dokter Gadungan Dihukum Berat

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya