TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kabar Baik! Vaksin Mandiri untuk Tangani PMK Diluncurkan Agustus

Indonesia pernah membuat vaksin PMK tahun 1986

Pengecekan sapi perah dari penyakit mulut dan kaki di Kabupaten Madiun Jumat (13/5/2022). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Surabaya, IDN Times - Pusat Veterenir Farma (Pusvetma) Surabaya menggeber pembuatan vaksin untuk wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Vaksin yang dibikin secara mandiri ini diharapkan dapat membantu Indonesia lepas dari wabah PMK. Sebab, sekarang ini wabah sudah sangat menyebar.

Baca Juga: 100 Ribu Lebih Sapi di Jatim Kena PMK, Vaksin Dijatah 360 Ribu Dosis

1. Vaksin mandiri rencananya diluncurkan Agustus

Penanganan hewan ternak sapi di sejumlah daerah di Jatim. dok. Humas Pemprov Jatim.

Kepala Pusvetma Surabaya, Edy Budi Susila mengatakan bahwa vaksin mandiri akan diluncurkan pada akhir Agustus. Sekarang ini semuanya masih dalam proses. Pihaknya mengaku perlu waktu, meski sudah berpengalaman dalam pembuatan vaksin PMK.

"Untuk vaksin yang mandiri ini akan diluncurkan pada akhir Agustus. Karena memang proses pembuatannya membutuhkan waktu yang panjang. Terkait pembiayaan sudah ada dari APBN,” ujarnya.

2. Vakum bikin vaksin sejak 1990

Ilustrasi pengecekan sapi perah terhadap penyakit mulut dan kuku. (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Edy menambahkan, vaksin mandiri pernah dibuat untuk PMK tahun 1986. Kemudian tahun yang sama Kementerian Pertanian mendeklarasikan bahwa Indonesia sudah bebas PMK. "Dari deklarasi Kementan tersebut kita ajukan kepada lembaga kesehatan hewan dunia, ini membutuhkan waktu 4 tahun untuk mengevaluasi," katanya.

"Sehingga Indonesia dinyatakan bebas PMK tahun 1990,” dia menambahkan. Sejak dinyatakan bebas dari PMK ini, Pusvetma sudah tidak lagi memproduksi vaksin. Menurutnya untuk memproduksi vaksin mandiri  ini membutuhkan waktu yang lama.

“Dan peralatan yang digunakan untuk membuat vaksin mandiri pada wabah PMK tahun 80-an itu sudah tidak bisa digunakan lagi saat ini,” katanya.

Baca Juga: 87 Ribu Sapi Jatim Terjangkit PMK, Pemprov Butuh Belanja Tak Terduga

Berita Terkini Lainnya