TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

50 Hari Dirawat, Korban Terakhir Tragedi Kanjuruhan Akhirnya Pulang

Sempat alami koma saat perawatan  

Rumah Sakit Umum Saiful Anwar, Kota Malang sebagai rujukan RS COVID-19. IDN Times/Alfi Ramadana

Malang, IDN Times - Kabar baik kembali datang dari pasien korban tragedi Kanjuruhan. Satu pasien terakhir atas nama Novita Ramadhani (18) akhirnya diperbolehkan pulang. Perempuan asal Desa Senggreng RT 1 RW 1 Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang itu sempat mengalami koma saat menjalani proses perawatan di RS Saiful Anwar (RSSA).

Baca Juga: Autopsi Korban Kanjuruhan: Mencari Residu Gas Air Mata

1. Mengalami respiratory failure

Instalasi Gawat Darurat RS Saiful Anwar, Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Direktur Utama RSSA dr Kohar Hari Santoso menjelaskan bahwa Novita telah pulang pada Senin (21/11/2022). Total pasien bersangkutan menjalani perawatan selama 50 hari. Novita mengalami cedera respiratory failure dt Contusio Pulmonum, Pneumonia HAP, Fluidothoraks D/S, atau bahasa awamnya adanya cairan nanah di dalam paru-parunya. Korban masuk ke RSSA pada Minggu (2/10/2022) dalam kondisi tak sadarkan diri. 

"Kondisinya sudah membaik, maka diperbolehkan pulang kemarin siang sekitar pukul 13.00 WIB," urainya Selasa (22/11/2022). 

2. Korban sudah bisa diajak komunikasi

Instalasi Gawat Darurat RS Saiful Anwar, Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebelum diperbolehkan pulang, Novita sudah sadar penuh dan bisa diajak komunikasi. Meski begitu, ia masih mengalami trauma psikis dan perawatan selama di ICU. Namun, Kohar tak menjelaskan secara rinci soal luka luar yang ditemukan. 

"Sudah baik dan sadar. Tetapi komunikasinya masih belum selancar mereka yang sehat. Kalau untuk detail lukanya itu rahasia medis," imbuhnya. 

Baca Juga: Berkas Perkara Tragedi Kanjuruhan Dilimpahkan Lagi ke Kejati

Verified Writer

Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya