Pesta Tahun Baru 2020 di Kota Malang Sisakan 5 Ton Sampah 

Masyarakat masih belum peduli kebersihan

Malang, IDN Times - Masyarakat kota Malang tak mau ketinggalan merayakan malam pergantian tahun. 2019 yang penuh kenangan telah berganti menjadi 2020 yang penuh dengan optimisme. Berbagai macam agenda, mulai dari pesta hiburan rakyat hingga renungan digelar mengiringi pergantian tahun.

Namun, di antara sukacita dan kegembiraan warga yang merayakan tahun baru tersebut menyisakan beberapa masalah. Selain masalah kepadatan lalu lintas, hal lain yang juga cukup menganggu adalah tumpukan sampah yang berserakan memenuhi jalan kota Malang. 

1. Selalu sama setiap tahun

Pesta Tahun Baru 2020 di Kota Malang Sisakan 5 Ton Sampah Mesin penyapu sampah diturunkan untuk bersihkan sampah. Dok/ Humas Pemkot Malang

Permasalahan sampah usai perayaan tahun batu seolah menjadi kebiasaan laten. Pasalnya setiap tahun, usai merayakan pergantian tahun, masalah tersebut selalu muncul. Kondisi tersebut tentu saja membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus bekerja keras untuk membersihkan jalanan usai perayaan pergantian tahun. 

"Faktanya memang begitu. Meskipun sebenarnya kami berharap masyarakat bisa memperhatikan dampak pada lingkungan. Tetapi, tetap saja usai perayaan malam tahun baru kami tugaskan tim gerak cepat kebersihan, "ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang Rinawati, Rabu (1/1).

2. Tim kebersihan sasar beberapa titik

Pesta Tahun Baru 2020 di Kota Malang Sisakan 5 Ton Sampah Petugas DLH bekerja keras membersihkan sampah usai perayaan pergantian tahun. Dok/ Humas Pemkot Malang

Tumpukan sampah tersebut muncul di beberapa titik perayaan di wilayah kota Malang. Beberapa titik yang menjadi target tim gerak cepat DLH antara lain di Jalan Ijen, depan Balai Kota,  Jalan Trunojoyo, dan kawasan Alun-alun Merdeka.

"Petugas yang turun tersebut meliputi pasukan penyapu jalan sebanyak 20 personel dan sopir armada 5 personel, dengan ditopang minidump 1 unit, road sweeper dan compactor 1 unit," tambahnya. 

Baca Juga: Mumpung Masih Liburan, 10 Wisata Terbaru dan Terhits di Malang Raya

3. Kumpulkan 5 ton sampah

Pesta Tahun Baru 2020 di Kota Malang Sisakan 5 Ton Sampah Minidamp disiapkan untuk mengangkut tumpukan sampah di kota Malang. Dok/ Humas Pemkot Malang

Dari kegiatan bersih-bersih tersebut, tim gerak cepat DLH mampu membersihkan titik-titik yang menjadi pusat berkumpulnya massa. Hasilnya tidak tanggung-tanggung, sebanyak 5 ton sampah dibersihkan dan diangkut oleh DLH kota Malang. Sampah-sampah tersebut merupakan sisa-sisa perayaan malam tahun baru yang sebelumnya sengaja dibiarkan berserakan oleh masyarakat. 

4. Prihatin dengan kondisi tersebut

Pesta Tahun Baru 2020 di Kota Malang Sisakan 5 Ton Sampah Mesin penyapu sampah diturunkan untuk bersihkan sampah. Dok/ Humas Pemkot Malang

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji merasa prihatin dengan kondisi tersebut. Ia menegaskan bahwa masalah sampah disebabkan karena faktor perilaku. Untuk itu, ia berharap, ke depan masyarakat bisa lebih peka dan perhatian terhadap sampah. 

"Itulah kenapa kami meluncurkan Gerakan Angkut Sampah dan Sedimen (GASS). Sebenarnya tujuannya adalah membangun perilaku dan budaya bersih serta tertib membuang sampah pada tempatnya," tegas Sutiaji.

Baca Juga: Wali Kota Malang Resmi Luncurkan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya