Comscore Tracker

Cuaca Sudah Normal, BPBD Siap Pulangkan Warga Sumber Brantas 

Situasi di wilayah Sumber Brantas sudah baik

Batu, IDN Times - Situasi pasca bencana amgin kencang di wilayah Sumber Brantas dan sekitarnya berangsur membaik. Bahkan beberapa warga sudah mulai kembali untuk membersihkan rumah mereka pasca bencana angin kencang yang menimpa daerah tersebut akhir pekan lalu. Sementara lainya masih bertahan di pengungsian hingga Selasa (22/10). 

1. BPBD siap pulangkan para pengungsi

Cuaca Sudah Normal, BPBD Siap Pulangkan Warga Sumber Brantas Dok/ BPBD Kota Batu

Berdasarkan kondisi di lapangan uang sudah mulai stabil dan normal, maka Selasa sore, sudah mulai dilakukan pemulangan kepada para pengungsi. Hal itu berdasarkan rapat yang dilakukan diposko BPBD dan dihadiri oleh SKPD serta dinas terkait. 

"Saat ini sedang dilakukan koordinasi untuk proses pemulangan warga," ucap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD kota Batu, Selasa (22/10). 

2. Cuaca sudah normal

Cuaca Sudah Normal, BPBD Siap Pulangkan Warga Sumber Brantas Dok/ BPBD Kota Batu

Keputusan untuk pemulangan pengungsi tersebut tak lepas dari kondisi di wilayah Sumber Brantas yang mulai stabil. Kecepatan angin juga sudah kembali normal. Belum lagi jalan raya di wilayah Sumber Brantas juga sudah kembali seperti biasa. Beberapa pohon tumbang juga sudaj dibersihkan oleh petugas. 

"Kebutuhan air bersih juga sudah mulai tercover. Jaringan listrik dan telekomunikasi juga sudah pulih sekitar 90 persen," tambahnya. 

3. BPBD sedang menghitung angka kerugian

Cuaca Sudah Normal, BPBD Siap Pulangkan Warga Sumber Brantas Dok/ BPBD Kota Batu

Selain mempersiapkan proses pemulangan pengungsi, BPBD juga tengah menginventarisir kerusakan yang terjadi akibat angin puting beliung tersebut. Juga diantaranya menghitung kerugian material atas bencana tersebut. 

"Kami masih melakukan pendataan untuk menghitung kerugian akibat bencana itu," tambahnya. 

4. Hentikan penerimaan bantuan

Cuaca Sudah Normal, BPBD Siap Pulangkan Warga Sumber Brantas Dok/ BPBD kota Batu

Di sisi lain, saat ini BPBD kota Batu juga sudah menghentikan penerimaan bantuan dari masyarakat. Pasalnya saat ini bantuan yang masuk sangat melimpah dan lebih dari cukup. Sehingga fokus dari tim BPBD adalah mengolah bantuan yang ada untuk para pengungsi. 

"Sampai saat ini bantuan logistik sudah terditribusi dengan baik kepada para pengungsi," tandasnya. 

Baca Juga: Kunjungi Pengungsi di Kota Batu, Khofifah: Prioritas Fasilitas Umum

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You