Pendakian Gunung Raung dan Gunung Rante via Banyuwangi Ditutup

Sanksi berat menanti bagi pendaki liar yang masih ngeyel

Banyuwangi, IDN Times – Perhutani wilayah hutan di Banyuwangi, Jawa Timur, telah mengeluarkan kebijakan yang melarang aktivitas pendakian gunung dalam waktu yang tidak ditentukan. Wisatawan yang hendak menaki Gunung Rante dan Gunung Raung diharuskan balik arah. Keputusan ini diambil sebagai upaya antisipasi kebakaran hutan di musim kemarau saat ini.

1. Akses pendakian Raung via Jambewangi dan Kalibaru ditutup

Pendakian Gunung Raung dan Gunung Rante via Banyuwangi DitutupKebakaran hutan kaki Gunung Raung, Senin 17 Juli 2023. (FOTO: Istimewa)

Administratur Perhutani Banyuwangi Barat, Dedy Siswandhi mengatakan jika untuk batas waktu yang belum ditentukan, semua kegiatan pendakian di Gunung Raung dilarang. Baik pendakian via Kalibaru ataupun Jambewangi. Dedy menyatakan, penutupan pendakian ini dilakukan lantaran belakangan ini sering terjadi kebakaran hutan. Larangan ini juga sudah diatur dalam Surat Instruksi bernomor 0450/058.4/BWB/2023.

"Ini salah satu antisipasi dari Perhutani, yaitu dengan melarang pembukaan pendakian gunung," kata Dedy kepada IDN Times, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga: Pendakian Gunung Raung via Jambewangi Banyuwangi Lebih Eksotis!

2. Gunung Raung dan Rante rawan kebakaran

Pendakian Gunung Raung dan Gunung Rante via Banyuwangi DitutupIlustrasi kebakaran hutan. (pixabay)

Penutupan juga diberlakukan pada jalur pendakian di Gunung Rante. Dedy menyebut, wilayah Rante merupakan wilayah yang paling rawan terjadinya kebakaran. Terlebih menurutnya beberapa hektar lahan ilalang disana juga mengalami kekeringan saat musim kemarau ini. 

"Dalam kondisi saat ini sangat rawan terjadi kebakaran. Kami juga melihat banyaknya laporan kebakaran hutan di wilayah KPH lain. Kalau di Gunung Rante, jalur pendakiannya satu dan kami juga telah sampaikan ke pengelola di sana. Intinya, aktivitas pendakian ditutup," tegasnya.

3. Sanksi ancam pendaki liar

Pendakian Gunung Raung dan Gunung Rante via Banyuwangi DitutupPuncak Gunung Raung. (FOTO: Ali Kabul for IDN Times)

Pihak Perhutani sendiri belum bisa memastikan sampai kapan penutupan ini berlangsung. Menurutnya, batas waktu penutupan ini nantinya akan menyesuaikan dengan perkembangan cuaca. Hingga memasuki musim hujan, penutupan akses pendakian akan terus dilakukan.

Selain itu, ia juga meminta pengelola ataupun warga sekitar yang melihat adanya pendakian ilegal segera melapor kepada pihak berwajib. Apabila larangan ini diabaikan, maka para pendaki liar akan terancam sanksi.

"Penutupan ini belum ditentukan sampai kapan. Tapi paling tidak, kalau sudah musim hujan akan lebih aman," tutupnya.

Baca Juga: Gunung Raung Kebakaran di Malam Suro, Warga Banyuwangi Gelar Ritual

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya