Comscore Tracker

Rawan Konflik, 800 Polisi Jaga Pilkades di Bondowoso

Aparat harus netral dari politik

Bondowoso, IDN Times - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 171 desa di Kabupaten Bondowoso, berlangsung Senin besok (15/11/2021). Untuk mencegah terjadinya gesekan antar pendukung, Polres Bondowoso mendapat bantuan 800 polisi dari 11 kabupaten-kota yang akan menjaga di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

1. Dapat bantuan personel dari 11 kabupaten

Rawan Konflik, 800 Polisi Jaga Pilkades di Bondowoso800 personil dari 11 kabupaten bantu jaga Pilkades serentak di Bondowoso. IDN Times/Istimewa

Kapolres Bondowoso, AKBP Herman Priyanto mengatakan, personil yang disiagakan, didatangkan dari 11 kabupaten di Jawa Timur. Mulai dari Polres Banyuwangi, Jember, Situbondo, Lumajang, Probolinggo, Probolinggo Kota, Pasuruan, Pasuruan Kota, Malang, Malang Kota, dan Mojokerto.

"Sebanyak 880 lebih personil Polri diterjunkan dalam pengamanan Pilkades serentak. Mereka merupakan personil Polri dari 11 kabupaten-kota lain yang diperbantukan," ujar Herman, saat apel pasukan operasi Mantap Praja, di Halaman Mapolres, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: Sebut Anies Capres, Ketua PWNU Jatim: Hanya Candaan Anak Kecil

2. Puluhan TPS zona rawan

Rawan Konflik, 800 Polisi Jaga Pilkades di Bondowoso800 personil dari 11 kabupaten bantu jaga Pilkades serentak di Bondowoso. IDN Times/Istimewa

Jumlah TPS untuk Pilkades di Bondowoso sebanyak 1.003, dari jumlah tersebut, 67 TPS dipetakan masuk zona rawan dan sangat rawan. TPS tersebut tersebar di 171 desa dan 23 kecamatan.

"Para personil gabungan ini nantinya akan disebar di seribuan TPS yang ada di 171 desa yang menggelar Pilkades," jelasnya.

3. Personel Polri wajib netral

Rawan Konflik, 800 Polisi Jaga Pilkades di BondowosoIlustrasi anggota kepolisian. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Herman menekankan agar semua anggota waspada untuk menjaga keamanan dan turut menekankan pentingnya disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Bagaimana kita menciptakan situasi Kamtibmas tetap aman, dan pencegahan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Herman juga meminta agar para Kapolsek mengecek dan mengarahkan anggota yang melakukan penjagaan di TPS-TPS. Mengingat, Kapolsek memahami betul medan di wilayahnya, sehingga para anggota yang bertugas tidak salah dalam mengambil tindakan.

"Lebih-lebih, para anggota yang bertugas juga banyak dari kabupaten-kota lainnya. Kita semua netral utamanya terhadap pelaksanaan Pilkades," ujarnya.

Baca Juga: Prakiraan Hujan di Jatim Merata, Potensi Banjir Level Waspada

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya