Comscore Tracker

Kapolri Janji Bantu Anak Polisi Tulungagung Korban Kanjuruhan

Kunjungi keluarga anggota polisi di Tulungagung

Tulungagung, IDN Times- Anggota Kompolnas, Irjen Pol (P) Pudji Hartanto Iskandar mengunjungi rumah keluarga Aipda Anumerta Andik Purwanto, di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Aipda Anumerta Andik Purwanto merupakan salah satu anggota polisi, yang meninggal dunia dalam peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (01/10/2022) malam. Turut mendampingi dalam kunjungan ini, Karo SDM Polda Jatim, Kombespol Harry Kurniawan.

1. Sampaikan belasungkawa ke keluarga

Kapolri Janji Bantu Anak Polisi Tulungagung Korban KanjuruhanAnggota Kompolnas, Irjen Pol (p) Pudji Hartanto. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Pudji menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada pihak keluarga atas kejadian ini. Almarhum diketahui sedang diperbantukan untuk mengamankan pertandingan antara Arema melawan Persebaya. Pudji juga menyampaikan tawaran dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, yang berjanji akan membantu jika terdapat anak korban yang ingin menjadi anggota polisi.

"Almarhum meninggalkan dua anak laki-laki, yang tertua saat ini berusia 9 tahun, jika ingin mendaftar maka butuh waktu 9 tahun lagi dan Kapolri berjanji akan membantu," ujarnya, Senin (03/10/2022).

Baca Juga: Polisi Tulungagung Korban Kerusuhan Dimakamkan Secara Militer

2. Polda serahkan surat kenaikan pangkat

Kapolri Janji Bantu Anak Polisi Tulungagung Korban KanjuruhanAnggota Kompolnas, Irjen Pol (p) Pudji Hartanto saat berkunjung ke rumah duka. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Dalam kunjungan ini, Karo SDM Polda Jatim Kombespol Harry Kurniawan juga menyerahkan surat kenaikan pangkat kepada pihak keluarga. Almarhum yang semula berpangkat Bripka, dinaikkan satu tingkat lebih tinggi menjadi Aipda Anumerta. Pemberian kenaikan pangkat ini merupakan bentuk apresiasi terhadap segala jasa almarhum, yang meninggal dunia saat menjalankan tugas. "Tadi suratnya sudah kita serahkan dan diterima langsung oleh pihak keluarga," tuturnya.

3. Meninggal saat bertugas di Stadion Kanjuruhan

Kapolri Janji Bantu Anak Polisi Tulungagung Korban KanjuruhanBripka Andik Purwanto. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Aipda Anumerta Andik Purwanto diketahui diperbantukan dari Polres Tulungagung untuk mengamankan pertandingan di Stadion Kanjuruhan Sabtu malam. Total terdapat 23 anggota yang dikirim untuk membantu pengamanan pertandingan tersebut. Almarhum ditempatkan untuk mengamankan di tribun 10 tepat di sisi selatan stadion. Total terdapat 2 anggota polisi yang meninggal dunia dalam kejadian tersebut.

Baca Juga: Polisi Tulungagung Jadi Korban Kerusuhan di Kanjuruhan Malang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya