Sekjen DPP PROJO Nyaleg, Amunisi Golkar Menguat 

Banyuwangi jadi arena panas perebutan suara di Jatim

Banyuwangi, IDN Times - DPD Partai Golkar Jawa Timur secara resmi telah mengumumkan sederet calonnya yang bakal mengikuti Pilihan Legislatif pada Pemilu 2024 mendatang. Baik dari calon DPR RI, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota. Total ada 180-an calon dari partai besutan Airlangga Hartarto yang nanti bakal berebut kursi daerah pemilihan (dapil) III dan IV Jawa Timur.

1. Banyak wajah baru caleg Golkar Jatim

Sekjen DPP PROJO Nyaleg, Amunisi Golkar Menguat Pelepasan caleg Golkar dapil III dan IV Jatim untuk Pemilu 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Banyak wajah-wajah baru pada launching tersebut. Di antaranya, ada Sekjen DPP PROJO Handoko yang menjadi pusat sorotan. Handoko merupakan salah satu tokoh relawan di balik suksesnya Presiden Jokowi memenangi Pilpres 2014 dan Pilpres 2019.

Sementara untuk Ketua Umum DPP PROJO Budi Arie Setiadi sendiri, sudah mengemban kepercayaan Jokowi sebagai Menteri Kominfo RI. Kepada wartawan, Handoko mengaku optimis bisa meraih kemenangan bersama Golkar di dapil 3 Jatim yang meliputi Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

"Ini merupakan sebuah tugas yang harus saya lakukan. Melaksanakan tugas, melanjutkan visi barisan relawan Pro Jokowi untuk selalu setia di garis rakyat," kata Handoko usai acara, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: 5 Besar Elektabilitas Jatim: PDIP, PKB, Gerindra, Golkar dan Demokrat

2. Kode bocoran ke mana arah dukungan PROJO di Pilpres?

Sekjen DPP PROJO Nyaleg, Amunisi Golkar Menguat Pelepasan caleg Golkar dapil III dan IV Jatim untuk Pemilu 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Kehadirannya sebagai caleg ini tentu memiliki dampak besar bagi mesin politik Golkar. Sebagai salah satu ormas dengan relawan yang besar di Indonesia, tentu banyak partai yang membidik para pentolan PROJO. Dengan gabungnya Handoko ke kubu Airlangga Hartarto, ini menjadi sedikit bocoran kemana arah dukungan calon presiden dari relawan PROJO berlabuh nanti.

"Formula itu nanti saja, yang jelas PROJO akan tegak lurus bersama pak Jokowi," katanya.

Menyoal kapasitas, pria yang lahir di pedesaan di Banyuwangi ini rupanya cukup mumpuni. Segudang pengalaman membuat Handoko dipercaya sebagai OKK DPP HKTI termasuk sebagai Tenaga Ahli di Kantor Staf Presiden. Maka tidak heran jika Handoko sangat akrab dengan kelompok petani.

"Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar dan baik. Tetap berusaha demi kemenangan maksimal di 2024. Semua jaringan yang saya miliki bisa berkontribusi membesarkan partai Golkar," cetusnya.

3. Golkar siap kuningkan Jawa Timur

Sekjen DPP PROJO Nyaleg, Amunisi Golkar Menguat Pelepasan caleg Golkar dapil III dan IV Jatim untuk Pemilu 2024. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jawa Timur, M Sarmuji mengaku optimis dengan komposisi yang ada saat ini. Sarmuji menyatakan, pada Pemilu 2024 nanti Golkar siap menguningkan desa-desa di seluruh Jawa Timur. Kepercayaan diri ini bukan hanya isapan jempol semata. Hadirnya banyak tokoh, termasuk Sekjen PROJO Handoko, mejadi alasan kuat Golkar mampu mendominasi Jatim.

"Justru ini menambah kekuatan dengan hadirnya Sekjen PROJO. Mas Handoko tentunya dapat memberikan warna yang berbeda di jaringan pendukung pak Jokowi untuk ditarik ke Golkar. Secara keseluruhan tentu menambah power di Jatim," ungkap Sarmuji. 

Sarmuji menyatakan, dengan warna-warni caleg dengan berbagai latar belakang saat ini, pihaknya yakin akan mencapai target perolehan kursi. Golkar berambisi mampu mendapatkan kursi 14 hingga 15 kursi DPR RI dan 20 kursi DPRD Provinsi. 

"Bekerja sesuai levelnya di masing-masing daerah untuk pemenangan Golkar. Yakni dengan cara membangun dan memelihara jaringan. Tidak boleh ada kanibalisme internal, tidak boleh jeruk makan jeruk," jelasnya.

Baca Juga: PKB Teratas di Jatim, PDIP, Gerindra, Nasdem dan Golkar Bersaing

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya