TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Pilih Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Simak guys!

ilustrasi hewan kurban (IDN Times/Aditya Pratama)

Surabaya, IDN Times - Idul Adha yang juga kerap disebut hari raya kurban tinggal menghitung hari. Tentunya masyarakat yang pengin berkurban sedang sibuk-sibuknya memilih hewan ternak baik itu sapi maupun kambing untuk kurban.

Guru Besar (Gubes) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair), Sri Hidanah memberikan tips untuk memilih hewan kurban. Karena syarat sah kurban salah satunya ialah hewan yang dikurbankan dalam kondisi sehat dan tidak ada cacat fisik.

Baca Juga: Harga Daging Ayam di Banyuwangi Tembus Rp40 Ribu

1. Lihat ciri-ciri fisik calon hewan kurban

Ilustrasi pemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Hidanah mengajak masyarakat untuk mengenali ciri-ciri hewan kurban yang sakit. Nah, biasanya nafsu makan menurun, tampak malas saat berjalan dan adanya kelemahan pada bagian tubuh. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan hewan kurban tidak buta, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, dan kotorannya tidak lembek.

"Pastikan dia jantan dan tidak dikebiri. Kalau sehat bisa dilihat dari kotoran yang teksturnya padat. Selain itu, nafsu makan baik, gerakan lincah dan bulu bersih,” ujarnya, Minggu (25/6/2023).

Pastikan juga, kata Hidanah, untuk mengamati kuku pada hewan kurban. “Kukunya sebaiknya utuh. Hewan yang cacat bisa dilihat dari gerakan saat berjalan. Tidak boleh pincang dan harus benar-benar sehat,” kata dia menambahkan.

2. Umur hewan harus dipastikan sesuai

ilustrasi pemeriksaan hewan kurban (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Hidanah juga mengingatkan umur hewan ternak yang akan dijadikan kurban. Dia bilang, umur yang pas bagi kambing untuk dijadikan hewan kurban adalah lebih dari satu tahun. Sedangkan sapi usianya lebih dari dua tahun. Untuk mengetahui umur hewan kurban ini dapat dilihat dari struktur gigi yang dimiliki.

"Jika sudah ada pergantian sepasang gigi tetap baik pada kambing atau sapi, ini menandakan mereka sudah cukup umur. Perbedaan gigi bisa dilihat dari bentuknya. Gigi yang sudah berganti biasanya ukurannya akan lebih besar dibanding sebelumnya," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Tak Ada Kambing Harga Sejutaan di Banyuwangi

Berita Terkini Lainnya