Comscore Tracker

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky Blinders

Tidak ada orang di dunia ini yang sempurna guys..

Drama seri kriminal dari Inggris, Peaky Blinders, resmi merilis musim keenamnya pada 10 Juni mendatang. Lima musim telah membawa seri Peaky Blinders sebagai acara di BBC paling banyak ditonton. Popularitas Peaky Blinders semakin tinggi setelah Netflix menayangkannya sehingga bisa ditonton oleh masyarakat seluruh dunia. 

Menonton Peaky Blinders tak lepas dari aksi dan sikap kepemimpinan Thomas Shelby yang menjadi pemeran utama dalam seri ini. Thomas digambarkan memiliki karakter yang kompleks dan membuatnya bisa disukai sekaligus dibenci. Sebagai pemimpin, Thomas memiliki karakter yang kuat yang tentunya jauh dari kata sempurna. 

Berikut 5 keburukan dan 5 kebaikan dari karakter Thomas Shelby, pimpinan geng Peaky Blinders. 

1. Terlalu obsesi dan ambisius terhadap bisnis

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersGeng Peaky Blinders. (theguardian.com)

Ambisi dan obsesi memang sangat diperlukan bagi seorang seorang pemimpin, terutama pemimpin geng kriminal sekelas Peaky Blinders. Namun, terkadang Tommy menjadi terlalu terobsesi untuk mengembangkan bisnis keluarga Shelby. Apalagi, Tommy tipe orang yang tidak mau mundur jika sudah menginginkan sesuatu. Sikapnya itu tak jarang membuat keluarga Shelby berada dalam bahaya dan ancaman. 

Untungnya, Tommy adalah orang yang cerdas. Namun semua bahaya itu sebenarnya bisa tidak terjadi jika ia tidak "mengigit lebih dari apa yang bisa ia kunyah".

2. Sikapnya yang kejam dan brutal jika sudah terhimpit situasi

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersThomas Shelby. (screenrant)

Meski ia menjadi karakter yang paling banyak disukai penonton, tapi Tommy sebenarnya adalah orang paling berbahaya di antara anggota Peaky Blinders yang lain. Ia akan menakutkan ketika marah atau dalam keadaan tidak berdaya. 

Dalam beberapa scene, tampak Tommy tak segan mengeluarkan pistol untuk menembak, atau membunuh musuhnya secara kejam dan brutal. 

3. Berhati dingin, apalagi jika itu di luar kepentingan bisnis Shelby

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersThomas Shelby. (bosshunting.com)

Dalam sebuah scene, ditunjukkan bagaimana Tommy rela mengorbankan Freddie, kekasih adiknya Ada dan anak Ada. Ia mengadukan Freddie orang komunis yang saat itu jadi incaran kerajaan, karena menganggap Freddie hanya menjadi belenggu dalam urusan bisnis Shelby. Ia mengadukan Freddie tanpa memikirkan bagaimana nasib Ada dan cinta mereka berdua. Yang dipikirkan Thomas hanyalah bisnis dan reputasi. 

4. Over independent alih-alih meminta pertolongan

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersThomas Shelby dalam Peaky Blinders. (irishmirror.ie)

Kemandirian memang sifat yang diperlukan untuk membuktikan bahwa orang itu dapat diandalkan, terutama jika menjadi pemimpin. Namun, Tommy kadang berlebihan dan terlalu mandiri dalam melangkah yang menyangkut urusan banyak orang. Ia terlalu percaya diri untuk "berjalan sendiri" dalam menangani segala hal. Ia lebih suka mengatasi semuanya sendiri alih-alih untuk meminta bantuan.

Sikapnya itu tak jarang membuatnya makin terjebak dalam situasi yang buruk dan semakin buruk. 

5. Egois dan kadang enggan mendengarkan pendapat orang lain

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersThomas Shelby. (bbc)

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak ada yang lebih penting menurut Tommy selain bisnis dan reputasi. Ini dapat mengerti mengingat ia adalah kunci dari berkembang pesatnya bisnis keluarga Shelby hingga ke seluruh dunia.

Namun terkadang, ia bersikap egois dengan tidak mempertimbangkan pendapat keluarga Shelby yang lain. Seperti dalam beberapa scene saat keluarga Shelby sedang rapat, Tommy akan seolah-olah membuka ruang untuk berpendapat. Tapi para anggota keluarga lain tahu, pada akhirnya Tommy yang akan memutuskan segala sesuatunya. 

6. Percaya diri, berani mengambil risiko dan tahu kapan harus bertindak

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersJohn, Thomas dan Arthur Shelby. (slashfilm.com)

Jika kamu adalah tipe orang yang ragu-ragu dan pesimis, sudah sepatutnya kamu mencontoh gaya gaya Thomas Shelby dalam seri ini. Sebagai seorang pemimpin, tentu Thomas menjadi ujung tombak dalam segala keputusan Peaky Blinders. Ia selalu percaya diri dalam melangkah. Ia tak ragu mengambil keputusan penting meski dengan risiko yang besar juga. 

Sebenarnya Arthur dan John juga memiliki kedua sifat itu, namun mereka berbeda dengan Thomas. Thomas selalu tahu kapan harus bertindak tanpa harus bersikap ceroboh. Keberaniannya juga berlandaskan pengetahuan dan wawasannya yang luas. Sehingga apa yang dianggap Thomas benar, kerap diikuti oleh para pengikutnya. 

7. Memiliki ambisi dan gaya kepemimpinan yang kuat

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersPeaky Blinders. (film-book.com)

Thomas membangun bisnis di bawah Shelby Family dari geng jalanan hingga sukses tentu bukan tanpa alasan. Sebagai pemimpin, ia tak pernah berhenti dengan pencapaian Peaky Blinders. Ia selalu memiliki ambisi tentang apa yang akan diraih Peaky Blinders selanjutnya. Bisnis kecil yang dimulai dari Birmingham berkembang pesat hingga ke seluruh dunia.

Gaya kepemimpinannya juga membawanya untuk mengambil keputusan yang berorientasi pada kepentingan Peaky Blinders, bukan untuk ia pribadi. Hal itu membuat bisnis yang dikelola Shelby Company terus maju sekaligus mengundang banyak musuh. 

Baca Juga: 7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan Meme

8. Bisa diandalkan dan dipercaya dalam berbagai situasi

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersGeng kriminal dalam serial Peaky Blinders. (imdb.com)

Kunci penting dalam semua bisnis kriminal dan kejahatan adalah sikap yang bisa diandalkan dalam berbagai situasi yang tidak terduga. Seperti yang diketahui, bisnis kejahatan dipenuhi kebohongan, pengkhianatan, kecurangan hingga pembunuhan. Untuk mengahadapi semua itu, diperlukan orang yang dapat dipercaya sekaligus diandalkan. Dan Thomas Shelby adalah orangnya.

Hal itu membuatnya mendapatkan kepercayaan besar, terutama dari keluarga besar Shelby. Meski cara Thomas menyelesaikan masalah terkadang tidak sesuai yang dibayangkan, namun Thomas selalu dipercaya menjadi orang pertama yang dapat diandalkan. 

9. Selalu tegas dalam mengambil keputusan, lugas dan tak pernah goyah

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersThomas Shelby. (imdb)

Setiap ada masalah, Tommy selalu memutuskan apa yang harus dilakukan. Ia selalu berpegang teguh terhadap keputusannya, tak pernah goyah dan berani bertanggung-jawab atas keputusannya itu. Thomas juga orang yang jujur, lugas, dan berterus-terang terhadap apapun.

Ia adalah tipe pria yang lugas, bahkan ketika harus memberi tahu seluruh keluarganya bahwa mereka akan ditangkap.

10. Jenius, kecerdasannya tak tertandingi oleh karakter lain

5 Keburukan dan 5 Kebaikan Thomas Shelby, Pemimpin Peaky BlindersThomas Shelby dalam Peaky Blinders. (imdb.com)

Tidak ada kata lain yang lebih tepat dan ringkas, yang bisa menggambarkan sifat Tommy selain jenius. Tommy adalah orang yang jenius yang mana kecerdasannya sulit ditandingi karakter yang lain. 

Cara Tommy untuk menyelesaikan masalah demi masalah dan strategi demi strategi menjadi kunci keseruan dalam serial Peaky Blinders. Ia bak orang yang dapat menyelesaikan apapun dengan otaknya.

Setiap pengambilan keputusan dan caranya mencapai tujuan tak jarang membuat penonton berdecak kagum. 

Baca Juga: 7 Drama Seri Adaptasi 'Itazura na Kiss' dari 5 Negara, Sudah Nonton?

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya