Comscore Tracker

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb 

Film perselingkuhan yang bisa jadi thriller menakutkan...

Beberapa waktu terakhir, isu mengenai perselingkuhan dalam rumah tangga menjadi topik yang banyak dibicarakan warganet. Terlebih saat isu datangnya orang ketiga dalam kehidupan rumah tangga vokalis band Maroon 5, Adam Levine. Belum lagi menyusul isu perselingkuhan di dalam negeri yang diduga dilakukan oleh DJ Reza Arap. 

Perselingkuhan adalah pengalaman yang tidak ingin dialami siapapun. Bahkan bagi mereka yang melakukannya, tidak ada jaminan bahwa suatu saat nanti ia akan ikut terluka. Apalagi, perselingkuhan tidak hanya bercerita tentang seks, namun juga dampak bagi invidu dan segala aspek yang terlibat dalam hubungan tersebut. Tidak ada dampak perselingkuhan yang tidak menyakitkan. Bahkan, kejadian itu bisa membuat orang yang tak bersalah merasa terpuruk.

Hingga kini, banyak film yang mengangkat isu tentang perselingkuhan. Namun dari sekian banyak film tersebut, berikut 10 film terbaik menurut peringkat Internet Movie Database (IMDb).

1. Sideways (2004) – 7.4

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Sideways (2004). (IMDb)

Film komedi pemenang Oscar, Sideways masuk dalam peringkat ke sepuluh dalam daftar. Bercerita tentang dibintangi seorang penulis yang mengajak temannya berlibur padahal temannya itu akan menikah.

Film Sideways ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 13 September 2004 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Oktober 2004 secara terbatas dan 21 Januari 2005 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

2. Notes On A Scandal (2006) – 7.4

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Notes On A Scandal (2006). (IMDb)

Diangkat dari buku dengan judul yang sama, Notes on a Scandal berkisah tentang Sheba (Cate Blanchett) seorang guru yang berselingkuh dengan seorang siswa. Hal itu keketahui oleh Barbara seorang guru yang suka menguntit. Barbara yang hidupnya kesepian akhirnya menggunakan rahasia itu untuk memanipulasi Sheba.

Notes on a Scandal tak hanya tentang betapa buruknya mempercayai orang yang salah, namun juga dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh perselingkuhan terhadap keluarga dan orang-orang yang terlibat.

3. Eyes Wide Shut (1999) – 7.5

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Eyes Wide Shut (1999). (IMDb)

Film ini mempertemukan Tom Cruise dan Nicole Kidman dalam sebuah karya erotic mystery psychological. Berkisah tentang tantangan pasangan suami istri yang mengetahui salah satu dari mereka pernah berselingkuh.

Film tersebut disutradarai, diproduksi, dan ditulis oleh Stanley Kubrick yang menjadi film terakhirnya. Pasalnya empat hari setelah menampilkan pemotongan terakhirnya ke studio-studio Warner Bros, Stanley Kubrick meninggal dunia.

4. Little Children (2006) – 7.5

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Little Children (2006). (IMDb)

Bercerita tentang bagaimana orang-orang bosan dengan kehidupan rumah tangga mereka lalu bertingkah seperti 'anak kecil'. Sarah dan Brad berselingkuh padahal keduanya sudah menikah.

Bagi Sarah, perselingkuhan adalah mewujudkan fantasi. Dan bagi Brad, ia mendapatkan perasaan berarti dalam hubungan gelap itu. Dikombinasikan dengan sub plot tentang pelaku seks, Little Children adalah cerita kompleks kehidupan pinggiran kota.

5. An Affair To Remember (1957) – 7.5

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb An Affair To Remember (1957). (IMDb)

An Affair to Remember adalah sebuah film romansa garapan Leo McCarey yang diperankan oleh Cary Grant dan Deborah Kerr. Berkisah tentang dua orang yang jatuh cinta saat berada di atas kapal pesiar. Meski keduanya telah menjalin hubungan dengan orang lain, mereka berencana untuk bertemu enam bulan kemudian di puncak Empire State Building.

Sayangnya, sebuah kecelakaan maut membuat mereka tidak bisa bertemu, sekaligus menjadi akhir dari reuni mereka. Film ini menjadi sebagai salah satu film paling romantis sepanjang masa menurut American Film Institute.

6. The Bridges Of Madison County (1995) – 7.6

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb The Bridges Of Madison County (1995). (IMDb)

Di dalam sebuah peternakan kecil di kota kecil, hidup istri bernama Francesca Johnson (Meryl Streep) yang bosan dengan kehidupannya yang begitu-begitu saja. Ia lalu bertemu dengan pria bernama Robert Kincaid (Clint Eastwood) dari kota yang merupakan fotografer majalah National Geographic.

Akhirnya, keduanya memulai hubungansaat suami dan anak-anaknya pergi. Hubungan perselingkuhan telah memberi mereka pelajaran hidup berharga. Film ini diangkat dari novel bestseller berjudul sama karya Robert James Waller.

7. Brokeback Mountain (2005) – 7.7

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Brokeback Mountain (2005). (IMDb)

Film ini berkisah tentang Ennis Del Mar (Heath Ledger) dan Jack Twist (Jake Gyllenhaal) yang bertemu di sebuah peternakan domba dan menjalin hubungan. Setelah tugas mereka selesai, mereka kembali ke kehidupan masing-masing dan menikah dengan wanita serta memiliki anak-anak. 

Film Brokeback Mountain menerima respons yang hangat dari penonton meskipun mendapatkan rating R atau restricted, yakni erbatas bagi penonton berusia 17 tahun ke atas. Film ini menerima tiga penghargaan Golden Globe 2006 (Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik) dan dinominasikan untuk delapan kategori dalam Penghargaan Oscar.

Baca Juga: 7 Film Korea dan Drakor Horor dengan Rating Tinggi Versi IMDb, Seram!

8. Silver Linings Playbook (2012) – 7.7

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Silver Linings Playbook (2012). (IMDb)

Silver Linings Playbook adalah film drama komedi romantis yang bercerita tentang seorang guru SMA yang dikirim ke psikiater karena gangguan bipolar. Setelah ia menemukan istrinya berselingkuh dengan teman kerjanya, penyakitnya itu memicu sebuah insiden kekerasan.

Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 232 ulasan, dengan rating rata-rata 8,2/10. Sedangkan menurut Metacritic, film ini mendapatkan skor 81 dari 100.

9. Gone Girl (2014) – 8.1 

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb Gone Girl (2014). (IMDb)

Film bergenre thriller psikologis yang disutradari oleh David Fincher berdasarkan novel dengan judul yang sama. Bercerita tentang misteri yang menimpa hidup Nick Dunne (Ben Affleck), yang menjadi tersangka utama dalam peristiwa hilangnya Amy (Rosamund Pike) secara tiba-tiba.

Film ini banjir pujian hingga menjadikannya sebagai film David Fincher yang paling laris dengan pendapatan lebih dari 368 juta dolar AS.

10. In The Mood For Love (2000) – 8.1 

10 Film Terbaik Tentang Perselingkuhan Menurut Rating IMDb In The Mood For Love (2000). (IMDb)

Disutradarai oleh pembuat film terkenal Hong Kong, Wong Kar-Wai, In the Mood for Love menjadi salah satu film terhebat yang pernah ada. Dibintangi oleh Maggie Cheung dan Tony Leung, film ini tayang perdana di Festival Film Cannes 2000 dan dinominasikan untuk Palme d'Or.

Film ini bercerita tentang dua orang tetangga yang mengetahui pasangan mereka berselingkuh satu sama lain. Meski begitu, mereka enggan untuk melangkah lebih jauh. Bisa dikatakan, In the Mood for Love adalah film perselingkuhan paling romantis karena menampilkan dua karakter yang tidak saling memiliki hingga akhir.

 

itu tadi 10 film bertema perselingkuhan dengan rating tertinggi di IMDb. Selain hiburan, film-film ini juga memberikan gambaran bahwa selingkuh adalah kesenangan sejenak yang punya imbas negatif dalam waktu panjang. Jangan selingkuh!

Baca Juga: Memahami Ratu Elizabeth Lewat 6 Episode Serial The Crown

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya