Comscore Tracker

5 Rumah Sakit di Madiun: Informasi, Lokasi dan Tipenya

Wajib tahu informasi ini sebelum ke rumah sakit!

Rumah sakit menjadi fasilitas umum yang krusial dan dibutuhkan masyarakat. Tak hanya ketika sakit, kita juga mengunjungi rumah sakit ketika melakukan cek kesehatan.

Di Madiun, juga terdapat beragam rumah sakit yang memiliki berbagai tipe. Tipe tersebut membedakan pelayan dan fasilitas yang tersedia di rumah sakit. Jadi, pasien bisa memilih tipe sesuai dengan kebutuhannya. Nah, berikut informasi selengkapnya mengenai 5 rumah sakit di Madiun. Simak, ya!

Baca Juga: 5 Rumah Sakit di Bangkalan: Informasi, Lokasi, dan Tipe

1. RSUD Dr. Soedono

5 Rumah Sakit di Madiun: Informasi, Lokasi dan TipenyaRSUD Dr. Soedono (rssoedono.jatimprov.go.id)

Rumah sakit ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Kemudian setelah Indonesia merdeka, rumah sakit ini dikelola oleh Pemerintah Madiun yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

RSUD Dr. Soedono disebut-sebut sebagai rumah sakit pilihan utama untuk semua lapisan masyarakat. Hal dikarenakan rumah sakit ini memiliki banyak poli umum hingga khusus, serta didukung oleh tenaga kesehatan yang profesional.

Jika kamu tidak mau mengantri lama ketika mendaftar, RSUD Dr. Soedono juga memeberikan alternatif untuk pendaftaran secara online melalui aplikasi. Kamu juga bisa mencari informasi terkini mengenai RSUD Dr. Soedono melalui website rssoedono.jatimprov.go.id.

Lokasi: Jl. Dr. Sutomo No.59, Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Tipe: B.

2. Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun

5 Rumah Sakit di Madiun: Informasi, Lokasi dan TipenyaRumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun (instagram.com/rsimadiun)

Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun ini adalah satu-satunya rumah sakit islam yang ada di Madiun. Rumah sakit ini memiliki beberapa layanan unggulan, di antaranya, poli klinik, UGD 24 ja, ruangan khusus pol kandungan, fisioterapi, CT-scan, cek kesehatan hingga pelayanan perawatan seperti konsultasi gizi.

Menariknya, di Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun ini juga menyediakan layanan home care. Home Care adalah pelayanan kesehatan dan perawatan terpadu yang berkesinambungan yang dilayani oleh Tim Home Care Siti Aisyah Madiun yang diberikan kepada pasien dan keluarga ditempat tinggal mereka.

Home care ini ditujukan kepada pasien yang bertempat tinggal di Madiun dan sekitarnya, yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Lansia yang tidak dirawat di rumah sakit tapi masih memerlukan pelayanan kesehatan.
  • Bayi dan anak-anak yang berkebutuhan khusus.
  • Pasien pasca rawat inap dari rumah sakit.
  • Pasien yang dinyatakan oleh ahli medis bahwa penyakitnya parah dan secara medis tidak dapat disembuhkan lagi.
  • Bayi baru lahir : perawatan tali pusar, memandikan bayi.

Lokasi: Jl. Mayjen Sungkono No.38 - 40, Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Tipe: C.

3. RSUD Kota Madiun

5 Rumah Sakit di Madiun: Informasi, Lokasi dan TipenyaRSUD Kota Madiun (rsudsogaten.madiunkota.go.id)

RSUD Kota Madiun juga menjadi pilihan masyarakat ketika berobat dan melakukan cek kesehatan. Pasalnya, rumah sakit ini memiliki lokasi strategis di pusat kota, serta relatif murah dari rumah sakit yang lain karena dikelola oleh pemerintah.

Rumah sakit ini juga menerima pasien dengan BPJS, loh. Keuntungannya, beberapa biaya rumah sakit seperti biaya pendaftaran dapat di back-up menggunakan layanan BPJS. RSUD Kota Madiun mempunyai sejumlah fasilitas, seperti UGD 24 jam, poli klinik, layanan ambulans, hingga konsultasi medis bersama ahlinya.

Lokasi: Jl. Campur Sari No.12B, Sogaten, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Tipe: C.

4. Rumah Sakit Paru Mangunharjo Madiun

5 Rumah Sakit di Madiun: Informasi, Lokasi dan TipenyaRumah Sakit Paru Mangunharjo Madiun (rspmanguharjo.jatimprov.go.id)

Madiun juga memiliki rumah sakit spesialis paru, yaitu Rumah Sakit Paru Mangunharjo Madiun. Rumah sakit ini sering menjadi rujukan, khususnya oleh rumah sakit yang ada di Madiun dan sekitarnya.

Fasilitas yang dimiliki juga lengkap. Terdapat IGD dan UGD 24 ja, poli klinik paru, poli klinik asma, poli klinik TB, poli klinik anak, poli klinik penyakit dalam, poli klinik saraf, serta poli psikologi. Untuk perawatan inap,  juga terdapat kamar tipe 1, 2, 3 hingga VIP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.108-112, Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Tipe: C.

5. RS Santa Clara

5 Rumah Sakit di Madiun: Informasi, Lokasi dan TipenyaRS Santa Clara (rs-santaclara.org)

Rumah sakit ini terkenal dengan pelayanannya yang baik. Terbukti dengan penilaian yang ada di Google Review, rumah sakit ini mendapat peringkat pertama dari rumah sakit yang ada di Madiun. 

RS Santa Clara dahulunya adalah sebuah yayasan untuk cek kesehatan, kemudian pada 8 Februari 1969 diresmikan menjadi rumah sakit oleh Kepala Kanwil Depkes Provinsi Jatim kala itu, Dr. Soemarsono.

Adapun fasilitas yang dimiliki RS Santa Clara, yaitu UGD, radiologi, medical check-up, laboratorium, fisioterapi, layanan laktasi, apotek, ambulans, ICU , dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Biliton No.15, Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Tipe: C.

 

Informasi informasi 5 rumah sakit di Madiun tersebut bisa dijadikan refrensi ketika hendak berobat atau melakukan cek kesehatan di Madiun. Saat berada di rumah sakit, hendaknya kita mengikuti arahan tenaga medis atau dokter, serta bersikap sopan karena juga banyak pasien di sana. Jangan lupa jaga kesehatan, ya!

Baca Juga: 5 Rumah Sakit Ibu dan Anak Terbaik di Malang, Layanan Lengkap

Fika Febriana Photo Community Writer Fika Febriana

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya