TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspadai Uang Palsu Beredar di Surabaya Jelang Lebaran, Ini Cirinya

Awas rek!

Polsek Tambaksari Surabaya saat ungkap kasus peredaran uang palsu, Jumat, (29/4/2022).

Surabaya, IDN Times - Di momen Lebaran seperti saat ini, banyak masyarakat yang melakukan penukaran uang baru. Hal ini pula yang menjadi celah bagi sindikat peredaran uang palsu du Surabaya. Polsek Tambaksari baru saja menangkap pria berinisial SJT (27) yang mengedarkan uang palsu di tengah tingginya penukaran uang baru.

Kapolsek Tambaksari, Kompol M Akhyar mengatakan bahwa SJT telah mengedarkan uang palsu dengan pecahan Rp50 ribuan sejumlah Rp18 juta. Akhyar pun menjelaskan ciri-ciri uang palsu tersebut.

1. Uang palsu, kertas lebih tebal

Barang bukti uang palsu yang disita Polsek Tambaksari. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Menurut Akhyar, secara visual, kata Akhyar, uang palsu umumnya terlihat sama dengan uang asli. Namun, ketika uang tersebut dipepegang akan terasa sekali perbedaannya.

"Ketika kita pegang, uang itu sudah beda. Kertasnya agak tebal dan kasar," ujar Akhyar saat ungkap kasus di Mapolsek Tambaksari, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Pengedar Uang Palsu Rp19,7 Juta Diringkus di Surabaya

2. Pita pengaman uang tidak ada

Barang bukti uang palsu yang disita Polsek Tambaksari. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Selain secara visual, langkah antisipasi agar terhindar dari uang palsu adalah dengan merabanya. Menurut Akhyar, uang palsu tidak memiliki pita pengaman uang. Sementara ketika diterawang, tidak terdapat gambar pahlawan. Masyarakat juga harus jeli dengan memperhatikan nomor serinya.

"Dalam satu bendel, nomor serinya sama semua," sebut Akhyar.

Akhyar pun berharap masyarakat waspada terhadap peradaran uang palsu. Ia pun mengimbau masyarakat agar menerapkan 3D yang disarankan Bank Indonesia.

"Dilihat, diraba dan ditrawang yang dari Bank Indonesia itu harus benar-benar diperhatikan, terlebih menjelang Lebaran," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pria di Surabaya Ini Edarkan Rp18 Juta Uang Palsu

Berita Terkini Lainnya