Comscore Tracker

Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Cabai Berangsur Turun 

Stok cabai mulai melimpah

Malang, IDN Times - Dua pekan jelang ramadan, harga cabai di Kota Malang mulai berangsur menurun. Di Pasar Besar, Kota Malang misalnya, harga cabai turun menjadi Rp70 ribu. Padahal pekan lalu harga cabai sempat menyentuh angka Rp130 ribu per kilogram. 

1. Stok cabai juga meningkat

Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Cabai Berangsur Turun ANTARA FOTO/Ampelsa

Salah satu pedagang di Pasar Besar Kota Malang, Agus Salam menjelaskan bahwa dalam sepekan terakhir, stok cabai di tengkulak mulai melimpah. Para petani yang sebelumnya banyak gagal panen karena cuaca buruk mulai bisa meraup hasil. Ia menduga, kondisi cuaca yang mulai stabil membuat cabai dari beberapa wilayah seperti Tumpang, Karangploso hingga Pujon sudah mulai masuk ke pasar. 

"Jadi sekarang stok cabai lebih banyak di pasar. Harganya juga berangsur turun dalam sepekan terakhir," ucapnya Jumat (2/4/2021). Selain stok yang lebih banyak, kualitas cabai yang ada di pasaran juga cenderung lebih baik daripada sebelumnya.

2. Cabai besar alami kenaikan

Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Cabai Berangsur Turun Ilustrasi Cabai Rawit. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Jika cabai kecil mengalami penurunan harga, lain halnya dengan cabai besar yang justru mengalami kenaikan. Harga cabai besar di Pasar Besar Malang yang pekan lalu berada di angka Rp30 ribu satu kilogram, empat hari ini naik sampai Rp55 ribu per kilogram. 

"Sekarang untuk cabai besar ini justru stoknya terbatas. Tetapi peminatnya belakangan lebih banyak," sambung Agus. 

Baca Juga: Resep Tumis Cumi Asin Cabai Hijau yang Praktis, Enak buat Lauk!

3. Bawang merah dan bawang putih justru turun

Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Cabai Berangsur Turun ANTARA FOTO/Arnas Padda

Sementara itu, harga bawang merah dan bawang putih justru mengalami penurunan. Harga bawang merah di pasaran kini hanya Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp34 ribu. Sementara bawang putih turun dari Rp32 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram . Penurunan tersebut karena memang stok kedua komoditas tersebut melimpah jelang ramadhan tahun ini. "Memang penurunannya tidak banyak. Tetapi tahun-tahun sebelumnya sebelum ramadhan pasti naik, tahun ini malah turun," tandasnya. 

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Kian 'Pedas', Inflasi Maret 0,08 Persen 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya