Comscore Tracker

5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai Pantai

Gak punya tenda? Gak usah khawatir

Blitar merupakan Kabupaten dengan daerah yang memiliki banyak spot alam yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana untuk kegiatan outdoor seperti berkemah atau camping. Camping menjadi sebuah kegiatan yang dapat membantumu untuk lebih mendekatkan diri ke alam. Selain itu, camping bersama teman atau keluarga juga dapat menjadi kenangan indah.

Bila kamu berencana untuk camping bersama teman atau keluargamu, simak 5 rekomendasi tempat camping di Blitar!

1. Puncak Sekawan 

5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai PantaiPuncak Sekawan (Instagram/puncak.sekawan)

Puncak Sekawan merupakan dataran tinggi yang berlokasi di Desa Wisata, Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar. Bila berkendara dari Blitar Kota, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam. Dengan ketinggian mencapai 712 mdpl. Puncak Sekawan menjadi tempat camping yang nyaman di mana kamu bisa melihat sunset maupun sunrise dari lokasi camp-mu.

Bila kamu mau camping di sini, kamu dapat membawa tenda sendiri ataupun menyewa dari pengelola tempat ini dengan harga Rp20 ribu. Untuk tenda dengan kapasitas dua orang. Rp30 ribu untuk tenda dengan kapasitas 4 orang dan Rp50 ribu untuk tenda dengan kapasitas 6 orang. Pengelola Puncak Sekawan menyediakan fasilitas berupa tempat parkir, toilet serta air bersih. Camping ground ini buka setiap hari. 

2. Kebuh Teh Sirah Kencong 

5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai PantaiKebun Teh Sirah Kencong (Instagram/shareblitar)

Sudah pernah menjajal camping dengan suasana di perkebunan teh? Bila belum, maka kamu harus mencoba untuk camping di Perkebunan Teh Sirah Kencong. Tempat ini memiliki area lapang yang ditumbuhi rumput hijau untuk lokasi camping yang berada tepat di samping kebun teh yang bakal bikin pikiran jadi lebih fresh. Selain itu, kamu juga bisa menikmati air terjun dan berswafoto di spot-spot yang telah disediakan.

Tempat yang cocok buat healing ini menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjungnya antara lain kamar mandi, musala dan warung. Karena tidak ada tempat yang menyediakan sewa tenda, sebaiknya kamu membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah. Untuk masuk lokasi ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp8 ribu/orang. Camping Ground di Perkebunan Teh Sirah Kencong ini buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB.

3. Hutan Pinus - Loji

5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai PantaiHutan Pinus - Loji (Instagram/pinuslojiblitar)

Berada di lereng Gunung Kelud, lokasi administratif Hutan Pinus Loji adala RT.04/RW.02, Celeng, Tulungrejo, Gandusari, Kabupaten Blitar. Seperti namanya, hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus yang menambah keasrian suasan alam di tempat tersebut. Untuk sampai ke lokasi ini kamu dapat mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selama 1 jam 5 menit dari pusat Kota Blitar.

Pastikan kamu membawa jaket dan selimut yang tebal jika berencana camping di Hutan Pinus - Loji karena udaranya bisa menjadi sangat dingin. Namun, kamu tetap bisa menikmati malam dengan menyalakan api unggun bersama teman atau sanak keluarga. Fasilitas yang ada di tempat ini cukup lengkap, mulai dari toilet, air bersih hingga warung. Agar kendaraanmu semakin aman, di sini juga disediakan parkir berbayar Rp5 ribu. Sementara itu, untuk retribusi camping kamu perlu membayar Rp15 ribu per orang. Tempat ini dibuka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

  4. Pantai Serang  

5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai PantaiPantai Serang (Instagram/wisatablitar)

Jika kamu ingin merasakan sensasi angin laut pada malam hari, maka kamu harus mencoba camping di Pantai Serang. Lokasi Pantai Serang berada di Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Untuk mengakses lokasi pantai ini, kamu hanya perlu berkendara selama 1 jam 19 menit. Di pantai ini kamu dapat menikmati deburan ombak laut dengan diteduhi oleh pohon-pohon cemara.

Kamu tidak perlu khawatir jika tidak bisa membawa tenda sendiri karena dapat menyewa tenda. Harga penyewaan tenda di sini mulai Rp40 ribu untuk kapasitas 4 orang. Untuk matrasnya, kamu hanya perlu menyewa Rp ribu saja. Fasilitas di Pantai Serang cukup lengkap seperti kamar mandi, musala, gazebo serta beberapa warung di sana. Spot foto yang instagramable juga banyak terdapat di lokasi wisata ini. Camping ground pantai serang ini buka Minggu-Jum'at pukul 08.00-20.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu buka 24 jam.

Baca Juga: 6 Camping Ground Terbaik di Pacet, Mojokerto, Suasananya Ciamik!

5. Sabana Gunung Buthak 

5 Rekomendasi Camping Ground di Blitar, Lereng Gunung Sampai PantaiSabana Gunung Buthak (Instagram/wibowoyogi)

Gunung Buthak berlokasi di Sumber Bendo, Ngadirenggo/Htn, Kec. Wlingi, Kabupaten Blitar. Tempat camping ini berada di jalur pendakian ke puncak Gunung Buthak, di mana para pendaki perlu melakukan pendakian selama 6-7 jam untuk sampai di lokasi ini. Camping ground Gunung Buthak berupa padang rumput yang sangat luas serupa sebuah sabana. Langit biru yang luas akan terpampang jelas di atas kepala.

Kamu tak perlu khawatir untuk fasilitas yang ada di sini, karena sebagai pos terakhir untuk naik ke puncak gunung, lokasi ini dilengkapi dengan musala dan air bersih. Namun, kamu perlu membawa peralatan camping sendiri. Bagi pencinta alam, tempat ini akan sangat cocok untuk dikenang atau diabadikan dengan kamera. Untuk tiket masuk area tersebut dibanderol dengan harga Rp15 ribu per orang. Wisata ini dibuka setiap hari.

 

 

Itu tadi 5 rekomendasi camping ground yang ada di Blitar. Semakin banyak pilihan wisata alam ya saat ini. Jadi kapan kita berangkat?

Baca Juga: 5 Panduan ke Air Terjun Tirto Galuh, Surga Tersembunyi di Blitar

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya