Preview Arema FC vs PSM, Akhirnya Laga Singo Edan Tak Ditunda Lagi

Arema sudah temukan homebase untuk putaran kedua

Liga 1 Indonesia 2022/2023 bakal mempertemukan dua klub besar pada pekan ke-22 antara, yaitu Arema FC versus PSM Makassar. Kedua kubu bakal beradu taktik di Stadion PTIK Jakarta, pada Sabtu (4/2/2023) pukul 15.30 sore WIB.

Arema diperkirakan bakal cukup kesulitan meraih kemenangan dalam laga ini. Bukan tanpa alasan, hal ini karena PSM sebagai calon lawan merupakan salah satu tim papan atas. Mereka juga bisa dibilang sebagai unggulan kuat untuk menyabet gelar juara Liga 1 2022/2023.

1. Arema menetap di Jakarta untuk sementara

Preview Arema FC vs PSM, Akhirnya Laga Singo Edan Tak Ditunda LagiArema FC saat menghadapi PSM Makassar di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/aremafcofficial)

Sempat cukup kebingungan, Arema akhirnya mendapatkan homebase untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2022/2023. Singo Edan nantinya bakal menggunakan Stadion PTIK Jakarta, Jakarta Selatan, sebagai markas sementara mereka pada putaran kedua ini.

Hal itu merupakan imbas dari tragedi Kanjuruhan 2022 yang mengharuskan Arema tak boleh bermain di Malang. Sebelumnya, dua laga kandang Singo Edan juga sampai harus tertunda lantaran belum mendapatkan homebase.

Pertandingan tertunda itu terjadi saat Arema harus menghadapi Borneo FC (pekan 18) dan Bali United (pekan 21). Namun, pada pekan 22 mendatang, laga kandang Arema melawan PSM Makassar dipastikan tak bakal ditunda lagi lantaran sudah mendapatkan stadion.

Baca Juga: Arek Malang Desak Arema FC Mundur dari Liga 1

2. Arema punya sejumlah wajah baru, termasuk Ahmad Bustomi

Preview Arema FC vs PSM, Akhirnya Laga Singo Edan Tak Ditunda LagiAhmad Bustomi sebagai pemain lama yang direkrut Arema FC kembali di putaran kedua Liga 1 2022/2023. (instagram.com/bustomi19)

Arema secara diam-diam telah mendatangkan beberapa penggawa baru di putaran kedua Liga 1 2022/2023. Setidaknya ada enam pemain baru itu, yakni Ahmad Bustomi, Joko Susilo, Iman Budi Hernandi, Bayu Aji, Kevin Armedyah dan Galih Firmansyah.

Dari keenam nama baru itu ada satu nama yang menarik perhatian tersendiri, yaitu Ahmad Bustomi. Bagaimana tidak, hal ini karena gelandang veteran 37 tahun itu sebelumnya telah malang melintang memperkuat Arema di semua ajang.

Arema sendiri mendatangkan Bustomi dan kelima pemain lainnya demi memperkuat beberapa lini yang diduga masih jadi kelemahan. Tentunya, beberapa dari mereka berpeluang debut dalam laga melawan PSM Makassar di pekan 22 Liga 1 mendatang.

3. Peluang Singo Edan kalahkan PSM kecil

Preview Arema FC vs PSM, Akhirnya Laga Singo Edan Tak Ditunda LagiArema FC saat menghadapi PSM Makassar di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/aremafcofficial)

Jelang melawan PSM di pekan 22 Liga 1 2022/2023, Arema diprediksi bakal cukup kesulitan untuk mengamankan raihan tiga poin sempurna. Hal ini terjadi lantaran performa Singo Edan sempat menurun belakangan.

Arema sendiri telah mencatatkan empat kekalahan beruntun di Liga 1 saat melawan Madura United, Bhayangkara FC, PSIS, hingga PSS. Hal tentu bakal jadi salah satu hambatan tersendiri bagi Arema jelang melawan PSM nantinya.

Meski begitu, Arema tak perlu terlalu khawatir lantaran masih memiliki modal lain, yaitu unggul dalam urusan head to head. Dalam 19 pertemuan terakhir, Singo Edan telah memenangkan 9 laga di antaranya atas PSM. Sementara 6 laga lainnya berakhir kalah dan 4 laga berakhir imbang.

4. Kekuatan PSM cenderung merata

Preview Arema FC vs PSM, Akhirnya Laga Singo Edan Tak Ditunda LagiPSM Makassar saat menghadapi Rans Nusantara di pekan 21 Liga 1 2022/2023. (instagram.com/rans.nusantara)

PSM dikenal sebagai salah satu tim kuat sebagai penantang untuk meraih gelar juara Liga 1 2022/2023. Hal itu mereka buktikan dengan bersaing di papan atas klasemen pasca menduduki peringkat ke-3 dengan raihan 41 poin sejauh ini.

Keberhasilan PSM menggapai pencapaian apik musim ini tak lain karena kontribusi yang merata dari para pemainnya. Terbukti, mesin gol PSM tak hanya pemain di posisi penyerang sejauh ini, melainkan beberapa pemain di pos lainnya juga ikut berperan.

Hal itu bisa dibuktikan dari beberapa pemain bukan striker PSM yang tampil produktif, seperti Yakob Sayuri (6 gol), Kenzo Nambu (6 gol), Wiljan Pluim (4 gol), dan Yuran Fernandes (4 gol). Tentunya, catatan itu bakal jadi modal apik klub jelang menantang Arema di pekan 22 Liga 1 nanti.

5. Sisi sayap jadi tumpuan utama PSM

Preview Arema FC vs PSM, Akhirnya Laga Singo Edan Tak Ditunda LagiPSM Makassar saat menghadapi PSIS Semarang di putaran pertama Liga 1 2022/2023. (instagram.com/psisfcofficial)

Selain itu, sisi sayap juga bakal menjadi modal lebih PSM jelang menghadapi Arema di pekan 22 Liga 1 2022/2023. Bukan tanpa alasan, hal ini karena dua winger mereka, Yakob Sayuri dan Kenzo Nambu, bermain sangat produktif.

Kedua winger itu juga selalu menjadi pemeran utama di balik performa produktif dua striker utama PSM sejauh ini. Dua striker yang di maksud ialah Everton (7 gol) serta Ramadhan Sananta (6 gol).

Meski tak diunggulkan, Arema FC bisa saja mengamankan hasil raihan tiga poin sempurna saat melawan PSM Makassar di pekan 22 Liga 1 2022/2023. Namun, mereka harus jelih mencari beberapa kelemahan lawan. Mampukah Singo Edan mengalahkan PSM nantinya?

Baca Juga: Pertandingan Lawan Arema FC Tak Jelas, Serdadu Tridatu Balik ke Bali

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya