Mengenal Arsitek Anyar Arema FC Widodo Cahyono Putro

Suksesor Fernando Valente!

Arema FC baru saja mengumumkan keputusan krusial pada awal berlangsungnya putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka secara resmi mendatangkan pelatih baru yang bernama Widodo Cahyono Putro. Eks pelatih Deltras Sidoarjo itu baru diangkat untuk jadi suksesor pelatih sebelumnya, Fernando Valente.

Arema sendiri memiliki alasan mengapa akhirnya mendatangkan Widodo Cahyono Putro. Itu disebabkan mereka belum merasakan puas dengan kinerja Valente. Betapa tidak, bersama manajer asing itu, Singo Edan belum bangkit juga setelah gagal mentas dari jeratan zona degradasi Liga 1.

Di satu sisi, Arema menilai bila Widodo Cahyono Putro merupakan sosok pilihan paling tepat. Dirujuk situs resmi Arema FC, mereka beranggapan jika sang pelatih merupakan figur yang berkarakter serta berpengalaman. Lantas, seperti apa rekam jejak mengenai kiprah Widodo Cahyono Putro sebelumnya?

1. Eks pemain andalan Petrokimia Putra dan Persija Jakarta

Mengenal Arsitek Anyar Arema FC Widodo Cahyono PutroWidodo Cahyono Putro (instagram.com/aremafcofficial)

Widodo Cahyono Putro dahulunya adalah seorang pemain aktif sepak bola. Bahkan, pada masanya, pria kelahiran 8 November 1970 (53 tahun) ini pernah jadi salah satu bintang sepak bola Indonesia. Widodo melakukannya saat jadi striker andalan PS Petrokimia Putra Gresik dan Persija Jakarta.

Widodo pernah memperkuat Petrokimia Putra selama 2 periode. Ia melakukannya pada 1994—1998 serta 2002—2004. Sementara itu, Widodo pernah menjadi bagian penting dari Persija saat mengarungi kompetisi pada 1998—2002.

Tidak hanya itu, Widodo juga memperoleh kepercayaan di level timnas. Ia pernah berkostum Timnas Indonesia pada era 1991—1999. Selama itu, Widodo telah mengemas rekor 14 gol dari 55 caps untuk Skuad Garuda di seluruh ajang internasional.

Baca Juga: Tenyata Ini Alasan Widodo Cahyono Putro Mau Latih Arema FC

2. Langsung memulai karier kepelatihan bareng Timnas Indonesia

Mengenal Arsitek Anyar Arema FC Widodo Cahyono PutroWidodo Cahyono Putro (kanan) sebagai pelatih baru Arema FC pada 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Widodo Cahyono Putro mulai gantung sepatu pada 2004. Setelah itu, ia mencoba masuk ke dalam dunia kepelatihan. Benar saja, Widodo akhirnya terjun pertama kali ke dunia kepelatihan pada 2010. Tak tanggung-tanggung, dirinya langsung dipercaya jadi asisten pelatih Timnas Indonesia kala itu.

Menariknya, Widodo sempat merasakan bekerja bareng pelatih-pelatih ternama di Tim Garuda. Ia pernah berduet bersama Wim Rijsbergen, Jacksen Ferreira Tiago, Alfred Riedl, Benny Dollo, Nil Maizar, Aji Santoso, dan Rahmad Darmawan. Widodo sendiri melakukannya saat bekerja untuk timnas senior maupun kelompok usia U-21 pada medio 2010—2015.

3. Berpengalaman menakhodai klub-klub ternama Indonesia, termasuk Bali United dan Bhayangkara FC

Mengenal Arsitek Anyar Arema FC Widodo Cahyono PutroWidodo Cahyono Putro (kiri) sebagai pelatih baru Arema FC pada 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Setelah rampung jadi asisten pelatih timnas, Widodo Cahyono Putro selanjutnya menggeluti dunia kepelatihan di level klub. Ia memulainya dengan menjadi kepala pelatih Gresik United pada 2013. Selepas itu, Widodo mulai melanglang buana menukangi banyak klub di Liga Indonesia.

Tercatat, ada tujuh tim yang pernah dibesut Widodo selain Gresik United. Mereka adalah Persepam Pamekasan, Sriwijaya FC, Bali United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Deltras Sidoarjo, dan Arema FC. Widodo melakukannya sejak 2015 hingga 2024 ini.

4. Cukup impresif membesut Deltras saat mengarungi Liga 2 2023/2024, nyaris promosi!

Mengenal Arsitek Anyar Arema FC Widodo Cahyono PutroWidodo Cahyono Putro (tengah) sebagai pelatih baru Arema FC pada 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Deltras Sidoarjo menjadi klub terakhir yang dipimpin Widodo Cahyono Putro sebelum bergabung dengan Arema FC pada 2024. Ia diketahui menukangi Deltras saat menyongsong Liga 2 Indonesia 2023/2024. Menariknya, Widodo memberikan kinerja yang cukup positif untuk klub berjuluk The Lobster tersebut.

Bukan tanpa alasan, Widodo hampir membawa Deltras menembus ke babak semifinal Liga 2 2023/2024. Namun, sayang, asa itu pupus setelah langkah mereka terhenti pada fase 12 besar. Padahal, jika lolos, Widodo berpeluang membawa The Lobster promosi ke Liga 1 musim depan.

Kini, Widodo Cahyono Putro mengemban tugas berat membawa Arema FC lepas dari zona degradasi di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mampukah ia mewujudkan asa itu sebagai pelatih baru Singo Edan?

Baca Juga: Widodo Cahyono Putro Resmi jadi Arsitek Baru Arema FC 

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya