5 Eks Pemain Top yang Pernah Berkostum Deltras Sidoarjo

Ada mantan striker andalan Timnas Indonesia, lho!

Deltras FC merupakan salah satu klub asal Jawa Timur yang pernah eksis pada masanya di kompetisi tertinggi Indonesia. Klub yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo ini setidaknya sempat berkiprah selama 3 musim di Liga Super Indonesia.

Deltras melakukannya pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2011/2012. Sempat naik turun, sayangnya klub berjuluk The Lobster ini harus terdegradasi pada musim terakhirnya. Sejak saat itu, performa mereka terus anjlok bahkan sampai ke Liga 3 Indonesia.

Untungnya, Deltras kembali promosi ke Liga 2 sejak 2021/2022. Terlepas dari perjalanannya, Deltras pun dikenal sebagai klub yang memilki mantan pemain top. Bahkan, ada beberapa yang sampai menjadi andalan Timnas Indonesia. Lantas, siapa saja mereka?

1. Hilton Moreira

5 Eks Pemain Top yang Pernah Berkostum Deltras SidoarjoHilton Moreira (Liga Indonesia Baru)

Winger asal Brasil, Hilton Moreira, pernah berseragam Deltras Sidoarjo pada 2005/2006. Bahkan, The Lobster menjadi klub pertamanya saat memutuskan berkarier di Indonesia. 

Hilton Moreira dikenal sebagai pemain yang terkenal dengan gocekannya. Ia selalu jadi bidikan sejumlah klub elite saat berkarier di Indonesia. Tercatat, Hilton pernah membela klub-klub besar, seperti Persib Bandung, Sriwijaya FC, dan Persipura.

Baca Juga: Persik Kediri Lepas 3 Pemain, Ini Skuad Sementara Macan Putih 

2. Budi Sudarsono

5 Eks Pemain Top yang Pernah Berkostum Deltras SidoarjoBudi Sudarsono (instagram.com/budipython13)

Budi Sudarsono adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimilki Indonesia. Bukan tanpa sebab, ini terjadi karena pemain yang kerap dijuluki Budi Python ini sempat menjadi andalan Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional.

Meski begitu, Budi Sudarsono juga pernah menjadikan Deltras Sidoarjo sebagai batu loncatan dalam kariernya. Legenda hidup berusia 43 tahun ini memperkuat Deltras selama 2 periode. Budi pernah berseragam The Lobster pada 2002/2003 dan 2011/2012.

3. Danilo Fernando

5 Eks Pemain Top yang Pernah Berkostum Deltras SidoarjoDanilo Fernando (goal.com/Aurelius Balakosa)

Danilo Fernando adalah pemain berpaspor Brasil yang pernah bersinar di Sepak Bola Indonesia. Performanya sendiri begitu melejit saat membela Persik Kediri. Danilo membawa Persik meraih berbagai prestasi pada masanya.

Kendati demikian, Deltras Sidoarjo juga pernah menjadi rumah bagi sang pemain. Danilo Fernando pernah membela Deltras pada 2008/2009 dan 2010/2011. Pada musim terakhirnya, ia menghabiskan waktu selama 3 musim di Deltras sebelum akhirnya pergi pada 2013/2014.

4. Marcio Souza

5 Eks Pemain Top yang Pernah Berkostum Deltras SidoarjoMarcio Souza (kiri) saat masih membela Deltras Sidoarjo. (instagram.com/marciosouza1401)

Deltras Sidoarjo pernah menggunakan jasa striker Brasil lainnya dalam sejarah klub. Pemain itu adalah Marcio Souza. Ia adalah seorang striker yang tempramental. Namun, kualitasnya tak bisa dianggap remeh saat di atas lapangan.

Marcio Souza pernah mengenakan seragam Deltras pada 2009/2010. Ia menetap kurun waktu semusim di Deltras. Di Indonesia, Marcio Souza dikenal sebagai striker asing top. Itu terbukti setelah ia membela beberapa klub besar, layaknya Persib, Arema, Semen Padang, dan Persela.

5. Hariono

5 Eks Pemain Top yang Pernah Berkostum Deltras SidoarjoHariono saat membela klub terakhirnya, Bali United. (baliutd.com)

Hariono jadi satu-satunya eks pemain Deltras Sidoarjo yang masih merumput hingga saat ini. Pemain 37 tahun itu pernah membela Deltras pada 2003/2004. Ia mengabdi kurang lebih 5 musim di Sidoarjo.

Namun, karier Hariono jauh lebih melesat lagi saat membela Persib Bandung. Ia sempat membawa Persib mendulang gelar juara sejak pindah pada 2008/2009 dari Deltras. Namun, Hariono kembali hengkang ke Bali United pada 2019/2020. Di sana, kariernya berakhir sampai 2 Mei 2023.

Dari kelima eks pemain Deltras di atas, ada dua pemain yang kini mulai menekuni bidang kepelatihan. Mereka adalah Budi Sudarsono dan Danilo Fernando. Hal ini menarik untuk dinantikan. Apakah keduanya akan menjadi kepala pelatih Deltras pada suatu saat nanti?

Baca Juga: Profil 5 Calon Pemain Asing Arema FC, Ada Mantan Kapten Timnas Mali

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya