Arema FC Punya 7 Pemain Asing, Harus Depak Satu Pemain

Posisi Ichaka Diarra di ujung tanduk

Malang, IDN Times - Kedatangan Gilbert Alvarez sebagai pengganti Gustavo Almeida mengakhiri perburuan pemain asing Arema FC pada bursa transfer paruh musim Liga 1. Namun, artinya Arema FC kini memiliki 7 pemain asing yang bermain untuk mereka.

Padahal regulasi Liga 1 mengharuskan setiap tim hanya boleh mendaftarkan 6 pemain asing yang terdiri dari 1 pemain Asia dan 5 pemain non-Asia. Tapi kini mereka punya 7 pemain asing terdiri dari Julian Schwarzer (Filipina), Charles Raphael (Brazil), Julian Guevara (Kolombia), Ariel Lucero (Argentina), Gilbert Alvarez (Bolivia), Charles Lokolingoy (Australia), dan Ichaka Diarra (Mali).

1. Manajemen Arema FC akan membuang satu pemain asing pada 28 November 2023

Arema FC Punya 7 Pemain Asing, Harus Depak Satu PemainDua pemain baru Arema FC saat sesi latihan, Gilbert Alvarez (rompi kuning) dan Julian Guevara. (Dok. Media Officer Arema FC)

General Manajer Arema FC, Yusrinal Fitriandi memberikan tanggapan terkait jumlah pemain asing Singo Edan yang terlalu banyak. Tapi menurutnya hal ini wajar karena terjadi pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/2024. Oleh karena itu, ia tidak terlalu khawatir dengan regulasi yang telah ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Pasalnya bursa transfer basih dibuka 2 hari lagi, sehingga masih ada waktu bagi Arema FC untuk mendepak 1 pemain asing mereka.

"Tentu saja kami akan patuh dengan regulasi perihal kuota pemain asing. Seandainya ada tujuh pemain, tentu saja yang bisa didaftarkan adalah 6 pemain sesuai dengan regulasi. Jadi kita akan tunggu sampai 28 November nanti," terangnya saat dikonfirmasi pada Minggu (26/11/2023).

Jumlah pemain asing Arema FC sendiri bertambah setelah mereka merekrut 2 pemain baru pada bursa transfer bulan November 2023 ini. Keduanya adalah Julian Guevera yang bermain sebagai gelandang bertahan atau bek tengah dan Gilbert Alvarez yang berposisi sebagai striker.

Baca Juga: Arema FC Perkenalkan Gilbert Alvarez Sebagai Pengganti Gustavo Almeida

2. Manajemen Arema FC memastikan ada 1 pemain yang akan dipinjamkan atau diputus kontraknya

Arema FC Punya 7 Pemain Asing, Harus Depak Satu PemainGeneral Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi. (Dok Media Officer Arema FC)

Yusrinal menjelaskan jika ia memastikan ada 1 pemain asing yang akan cabut dari Arema FC. Ia masih menunggu apakah ada klub yang berminat pada salah satu pemain asing mereka. Jika memang ada, maka akan dilakukan proses peminjaman. Tapi jika tidak ada, kemungkinan kontrak pemain tersebut akan diputus.

"Pada bursa transfer ini Arema FC telah mendaftarkan dua pemain asing. Jadi untuk memenuhi enam kuota, satu memang harus dicabut dari pendaftaran. Jadi kita tunggu sampai bursa transfer ditutup," bebernya.

Sebelumnya, Arema FC telah melepaskan Gustavo Almeida dengan status pinjaman kepada Persija Jakarta. Tapi proa berkacamata ini belum mau membocorkan siapa pemain yang akan mereka depak.

2. Masa depan Icahaka Diarra bersama Arema FC kian di ujung tanduk

Arema FC Punya 7 Pemain Asing, Harus Depak Satu PemainDendi Santoso (kiri) dan Ichaka Diarra saat sesi latihan di Stadion Gajayana. (Dok. Media Officer Arema FC)

Satu nama yang paling santer akan didepak Arema FC adalah Ichaka Diarra. Bahkan pemain 28 tahun ini yang awalnya lebih dulu diisukan akan dilepas Arema FC, tapi justru Gustavo yang lebih dulu meninggalkan tim Arema FC. Hal ini tidak lain karena performa Ichaka di Liga 1 yang tidak sesuai ekspektasi dari pemain jebolan LA Galaxy ini.

Dari 19 laga yang telah dijalani Arema FC, Ichaka hanya bermain sebanyak 10 pertandingan saja dengan hanya 8 kali menjadi pemain utama. Ini dikarenakan ia lebih banyak dibekap cedera dan melewatkan banyak pertandingan. Posisinya bahkan tergusur oleh Charles Almeida di posisi bek tengah.

Kabar terdepaknya Ichaka kian santer setelah Arema FC merekrut Julian Guevara. Baik Julian maupun Charles Almeida sama bisa bermain sebagai gelandang bertahan maupun bek tengah. Artinya kemungkinan posisi bek tengah akan diisi oleh Charles bersama Syaeful Anwar atau Bagas Adi Nugroho, sementara gelandang bertahan akan diisi oleh Julian. Sehingga dipastikan tidak ada lagi tempat untuk Ichaka skuad asuhan Fernando Valente.

Baca Juga: Gelandang Baru, Julian Janji Selamatkan Arema FC dari Degradasi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya